EVALUASI KERUSAKAN JALAN PROVINSI RUAS KLANGON – TEMPEL DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (STUDI KASUS : JALAN PROVINSI RUAS KLANGON – TEMPEL STA 0 + 100 – 3 + 700)

Araditha, Josef Crisna Listha (2018) EVALUASI KERUSAKAN JALAN PROVINSI RUAS KLANGON – TEMPEL DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (STUDI KASUS : JALAN PROVINSI RUAS KLANGON – TEMPEL STA 0 + 100 – 3 + 700). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TS15407.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Jalan raya merupakan saraa ransportasi darat yang memiliki peran penting dalam hal perhubungan, baik dalam pendistribusian barang maupun jasa. Pertumbuhan ekonomi sangat bergantung pada keadaan baik dan buruknya kondisi jalan didaerah tersebut. Jalan provinsi Klangon – Tempel merupakan jalan alternatif bagi para pengguna jalan dari arah Jawa Tengah dengan tujuan Kabupaten Bantul maupun sebaliknya. Kondisi jalan mempengaruhi pendisribusian barang dan jasa, maka perlu adanya evaluasi tingkat kerusakan jalan. Kerusakan yang parah tentunya akan menghambat pendistribusian barang dan jasa . Langkah pertama menentukan lokasi yang akan diteliti. Pengumpulan data dengan melakuka survey ke lokasi penelitian. Pengukuran dimensi kerusakan jalan dan mencari data jalan ke kantor Bina Marga Daerah Istimewa Yogyakarta. Setelah itu dilakukan analisis tingkat kerusakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI). Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui bahwa jeis kerusakan perkeraan lentur di jalan provonsi ruas Klangon – Tempel sta 0 + 100 – 3 + 700 ialah rusak retak buaya, retak memanjang, penurunan bahu jalan, lubang, rusak tambalan, sungkur, cacat tepi dan pelepasan butir. Dari hasil perhitungan nilai PCI rata – rata ruas jalan provinsi Klangon – Tempel adalah 56,69% dengan kondisi baik (good). Cara penanganan yang tepat yaitu dengan dilakukan pengisian agregat kepada retak halus, retak kulit buaya dan penanganan bisa dilakukan dengan penambalan pada kerusakan berdasarkan tingkat kerusakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kerusakan perkerasan, Nilai Pavement Condition Index (PCI), Cara penanganan
Subjects: Sipil > Struktur
Sipil > Struktur
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Mar 2019 03:18
Last Modified: 28 Mar 2019 03:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17837

Actions (login required)

View Item View Item