SISTEM MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA TERMINAL GIWANGAN YOGYAKARTA

Gati, Hajian Eling (2018) SISTEM MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA TERMINAL GIWANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TS15690.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Sebagai terminal tipe A yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta diharapkan terminal Giwangan mampu mengurangi kepadatan lalu lintas yang terjadi di pusat kota. Pembangunan terminal Giwangan dilakukan sejak Septermber 2002 dan selesai Agustus 2004 serta langsung diaktifkan pada bulan Septermber 2004. Pembangunan terminal terwujud dalam bentuk kerjasama operasional dengan system Built Operated Transfered (BOT) antara Pemerintah Kota dengan inverstor swasta PT. Perwita Karya selama 30 tahun sejak Septermber 2002 hingga Septermber 2032 tetapi ada pengalihan kekuasaan dari PT. Perwita Karya kepada Pemerintah Kota. Sehingga dengan kepemimpinan baru ditahun 2015 perbaikan seluruh system manajemen sarana dan prasarana di lakukan salah satunya dengan pemeliharaan atau perawatan yang dilakukan pada setiap komponen terminal dan prasarana yang ada, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemeliharaan yang dilakukan oleh terminal Giwangan terhadap sarana dan prasarana yang di terapkan Terminal Giwangan. Penelitian ini mengacu pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No: 24/PRT/M/2008 tentang Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung, Peraturan Menteri Perhubungan No. 24 Tahun 2015 tentang Standar Pemelihraan Sarana dan Peraturan Menteri No 48 Tahun 2005. Data penelitian di dapat dengan menyebarkan kuisioner pada bagian Sarana dan prasarana, kuisioner kepada pengunjung/penumpang, dan sopir awak bus di Terminal Giwangan. Melalui kuisioner terebut, penulis bermakusd ingin mengetahui skor pemeliharaan maupun skor tanggapan pengunjung / penumpang dan sopir yang akan di analisis menggunakan metode Mean untuk mengetahui kesesuaian pemeliharaan dengan standar yang ada Standar Deviasi, Uji”T” untuk mengetahui adanya perbedaan penilaian pemeliharaan terhadap kegiatan peneliharaan terminal. Berdasarkan penilaian yang di peroleh, secara keseluruhan penilaian pelaksanaan bangunan gedung yang di lakukan oleh Bagian Pemeliharaan terminal giwangan sangat baik. Berdasarkan hasil uji „T‟ hasil tanggapan antara pengunjung laki – laki dan perempuan perbedaan tidak terlalu signifikn . Pelayanan yang ada di terminal Giwangan sudah memenuhi standar pelayanan terminal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemeliharaan Gedung, Sarana dan Prasarana, Terminal Giwangan.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Mar 2019 05:37
Last Modified: 28 Mar 2019 05:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17843

Actions (login required)

View Item View Item