PENGARUH KUALITAS SELEBRITI ENDORSER PADA INSTAGRAM TERHADAP SIKAP PENGGUNA QUBICLE (Kasus pada Keefektivitasan Selebriti Endorser @nabiellas di Instagram pada Artikel Road To Soundrenaline 2017 dalam Qubicle Terhadap Sikap Pengguna Qubicle)

NAINGGOLAN, AGNES FINA RUGUN DORITUA (2018) PENGARUH KUALITAS SELEBRITI ENDORSER PADA INSTAGRAM TERHADAP SIKAP PENGGUNA QUBICLE (Kasus pada Keefektivitasan Selebriti Endorser @nabiellas di Instagram pada Artikel Road To Soundrenaline 2017 dalam Qubicle Terhadap Sikap Pengguna Qubicle). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04653.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Peran komunikator dalam berkomunikasi sangatlah penting karena komunikator dapat menentukan sikap yang akan diubah oleh komunikator kepada komunikan. Oleh sebab itu, sebuah organisasi yang merupakan platform media juga sangat membutuhkan seorang komunikator yang berkualitas dalam mempersuasi komunikannya agar dapat terbentuk sikap seperti yang diinginkan oleh sebuah platform media yaitu Qubicle. Dalam hal ini Qubicle menggunakan jasa selebriti endorser pada Instagram karena Instagram merupakan salah satu new media yang sangat interaktif untuk berkomunikasi dan memudahkan selebriti endorser untuk mengetahui timbulnya efek yaitu sikap positif dari proses komunikasi persuasif yang dilakukan kepada pengguna Qubicle. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Peneliti menggunakan kuisioner atau angket untuk mengumpulkan data dengan cara membagikan kepada responden dan menggunakan metode sampling random sederhana. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis korelasi dan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil data yang telah diolah, ditemukan bahwa ada pengaruh kualitas selebriti endorser @nabiellas di Instagram pada artikel Road To Soundrenaline 2017 dalam Qubicle terhadap sikap yang diberikan oleh pengguna Qubicle. Data menunjukkan kualitas selebriti endorser @nabiellas yang diukur dari kredibilitas, daya tarik tampilan dan daya tarik pesan memiliki kualitas yang tinggi. Kemudian, data juga menunjukkan sikap pengguna Qubicle bahwa karena @nabiellas memiliki kualitas yang tinggi, maka pengguna Qubicle cenderung memiliki sikap positif yang tersusun dari 3 komponen (kognitif, afektif, konatif) tentang artikel Road To Soundrenaline 2017 dalam Qubicle oleh @nabiellas. Saran dari peneliti untuk Qubicle adalah Qubicle harus menggunakan jasa selebriti endorser dan mempertahankan kriteria kualitas dalam memilih selebriti endorser untuk menjadi traffic generator, karena untuk membangun sikap positif pada pengguna Qubicle maka sangatlah penting untuk menggunakan jasa komunikator atau selebriti endorser yang memiliki kualitas tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kualitas komunikator, sikap, komunikasi persuasif
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Mar 2019 01:25
Last Modified: 29 Mar 2019 01:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17849

Actions (login required)

View Item View Item