ETIKA JURNALISME DALAM PELIPUTAN INVESTIGASI (Studi Deskriptif Kualitatif Penerapan Etika Cara Profesional dalam Jurnalisme Investigasi di Tempo)

ADHI, SHELLA HERVIANA PUTRI (2018) ETIKA JURNALISME DALAM PELIPUTAN INVESTIGASI (Studi Deskriptif Kualitatif Penerapan Etika Cara Profesional dalam Jurnalisme Investigasi di Tempo). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05347.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kode Etik Jurnalistik merupakan kiblat bagi wartawan atau jurnalis dalam mengemban tugas dan tanggung jawab. Pada praktiknya, masih banyak ditemukan kasus pelanggaran Kode Etik Jurnalistik terkait cara profesional jurnalis dalam melaksanakan tugasnya. Kode Etik Jurnalistik pasal 2 berbunyi “wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”. Jurnalisme investigasi merupakan jurnalisme yang rentan mengalami pelanggaran Kode Etik Jurnalistik. Hal ini dikarenakan sumber informasi yang harus didapatkan pada jurnalisme investigasi bukanlah hal yang mudah. Penelitian ini mengkaji tentang penerapan etika cara profesional dalam laporan investigasi di Majalah Tempo edisi “Ada Apa Dengan Pizza” yang terbit pada 5-11 September 2016. Sehingga dapat diketahui sejauh mana Kode Etik Jurnalistik pasal 2 diterapkan pada Tim Investigasi di Majalah Tempo. Pada akhirnya, Tim Investigasi Tempo saat ini telah mematuhi Kode Etik Jurnalistik pasal 2 terkait cara profesional wartawan. Adapun beberapa cara tertentu untuk mendapatkan informasi pada investigasi Tempo masih lazim dilakukan seperti teknik undercover sejauh cara tersebut masih memenuhi aturan Kode Etik Jurnalistik dan etika yang berlaku.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Jurnalisme Invetigasi, Kode Etik Jurnalistik, Majalah Tempo
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Mar 2019 01:53
Last Modified: 29 Mar 2019 01:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17859

Actions (login required)

View Item View Item