GUNAWAN, CLARA CHRISTINA (2018) KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM AKTIVITAS PERSONAL SELLING PT YALONG BOGA INDONESIA SEBAGAI DISTRIBUTOR ES KRIM AICE. S1 thesis, UAJY.
Text
KOM05521.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
PT Yalong Boga Indonesia merupakan perusahaan (Penanaman Modal Asing) di bidang consumer goods dengan merek dagang es krim Aice. Es krim Aice masuk dan mulai dipasarkan di Daerah Istimewa Yogyakarta pada awal tahun 2016. PT Yalong Boga Indonesia adalah distributor utama dan menjadi satu-satunya distributor es krim Aice yang menangani pemasaran produk tersebut di seluruh wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Personal selling menjadi salah satu alat yang paling efektif pada sejumlah tahap tertentu dalam proses pembelian, khususnya dalam membentuk keyakinan dan tindakan pembelian. Proses penjualan tersebut juga didukung oleh cara-cara yang bersifat persuasif. Komunikasi persuasif dapat dilakukan dalam kegiatan personal selling dengan tujuan pemasaran produk. Retailer sebagai pihak yang berperan penting dalam meningkatkan penjualan es krim Aice, didapatkan melalui proses personal selling yang dilakukan sales operasional toko PT Yalong Boga Indonesia. Dalam proses tersebut, sales melibatkan komunikasi persuasif dimana terdapat proses membujuk dan mengajak para pedagang untuk menjaadi retailer es krim Aice. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan melakukan observasi bersama sales operasional toko dalam mencari retailer es krim Aice, didapati bahwa komunikasi yang terjalin antara sales dengan calon retailer melalui kegiatan personal selling adalah komunikasi yang bersifat persuasif. Tujuan dari komunikasi tersebut agar calon retailer bersedia untuk menjadi retailer es krim Aice. Dalam mengemas dan menyusun pesan persuasi, komunikator menggunakan teknik reward appeal. Komunikator lebih banyak menyampaikan dan menekankan keuntungan-keuntungan yang akan diperoleh oleh komunikan ketika menjadi retailer es krim Aice. Berdasarkan cara-cara menyusun, mengemas, dan menyampaikan pesan kepada calon retailer, sales operasional toko menggunakan 2 strategi. Strategi komunikasi persuasif utama menggunakan strategi persuasif psikodinamika dimana sales berupaya mengubah struktur internal psikologis dari calon retailer yang menekankan pada aspek kebutuhan dan sikap. Selain itu, sales juga menggunakan strategi persuasif sosiokultural dimana cara penyampaian pesan serta pesan persuasif disesuaikan dengan aspek sosiokultural dari calon retailer. Hambatan yang terjadi dalam proses komunikasi persuasif tersebut adalah dari faktor motivasi yang ditunjukkan oleh calon retailer akan kebutuhannya melayani pelanggan yang datang, dan faktor noise yang berasal dari suara bising kendaraan di jalan juga suara lain yang mengganggu proses komunikasi yang terjadi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persuasif, Personal Selling, Komunikasi Pemasaran, Es Krim. |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 01 Apr 2019 03:20 |
Last Modified: | 01 Apr 2019 03:20 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17885 |
Actions (login required)
View Item |