PENGARUH TINGKAT UTANG TERHADAP KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2011-2017

Ayusningrum, Belandina (2018) PENGARUH TINGKAT UTANG TERHADAP KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2011-2017. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA21045.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh tingkat utang terhadap kualitas laba pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2017. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yaitu laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan di BEI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di BEI tahun 2011-2017 yaitu sebanyak 39 perusahaan. Terdapat 273 sampel yang digunakan pada penelitian ini. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel penelitian adalah teknik purposive sampling, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kualitas laba yang diproksikan menggunakan discretionary accruals, variabel independen yang digunakan adalah tingkat utang atau leverage yang dihitung menggunakan debt to equity ratio (DER) dan variabel kontrol yang digunakan untuk melengkapi model regresi pada penelitian ini adalah ukuran perusahaan atau size yang diukur dengan logaritma dari total aset perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat utang berpengaruh negatif terhadap discretionary accruals atau dengan kata lain tingkat utang berpengaruh positif terhadap kualitas laba. Berkaitan dengan ukuran perusahaan,semakin besar perusahaan maka semakin rendah kualitas laba yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tingkat utang, ukuran perusahaan, discretionary accruals, kualitas laba.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Apr 2019 03:30
Last Modified: 01 Apr 2019 03:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17891

Actions (login required)

View Item View Item