KONSTRUKSI ORMAS ISLAM DALAM TEKS BERITA “PARA JENDERAL DAN KABAR GENJER GENJER” DI MAJALAH TEMPO (Analisis Framing William A. Gamson dan Andre Modigliani Pada Teks: “Para Jenderal Dan Kabar Genjer-Genjer” di Majalah Tempo Edisi 25 September – 1 Oktober 2017)

Pratiwi, Ryan Sara (2018) KONSTRUKSI ORMAS ISLAM DALAM TEKS BERITA “PARA JENDERAL DAN KABAR GENJER GENJER” DI MAJALAH TEMPO (Analisis Framing William A. Gamson dan Andre Modigliani Pada Teks: “Para Jenderal Dan Kabar Genjer-Genjer” di Majalah Tempo Edisi 25 September – 1 Oktober 2017). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04998.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang framing ormas Islam pada teks “Para Jenderal dan Kabar Genjer-Genjer” di majalah Tempo. Secara garis besar, penulis ingin mengungkapkan bagaimana framing yang dihasilkan oleh Tempo mengenai ormas Islam terkait isu komunisme yang dulu sempat dipopulerkan oleh organisasi terlarang Partai Komunis Indonesia (PKI). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis framing milik William A. Gamson dan Andre Modigliani. Berdasarkan pengertiannya, analisis framing merupakan analisis untuk mengetahui bagaimana suatu realitas atau peristiwa yang dikonstruksi oleh media. Setiap berita yang dikonsumsi tidak lepas dari pembingkaian media. Realitas yang ada dibentuk dan dikemas oleh media untuk menimbulkan perspektif baru dari khalayak. Analisis framing William A. Gamson dan Andre Modigliani membagi dua level dalam teknik analisis, yaitu level kultural dan level individual. Penulis melakukan beberapa tahapan analisis, mulai dari analisis pada level kultural dengan membedah teks berita. Lalu pada level individual, penulis melakukan wawancara dengan Redaktur Pelaksana dan Wartawan Tempo, juga mencari referensi-referensi yang sesuai. Hasil penelitian yang ditemukan oleh penulis bahwa analisis framing Tempo menunjukkan ormas Islam selalu menggunakan cara-cara represif/kekerasan (bersifat radikal) dan cenderung memprovokasi atau mengancam dalam menyelesaikan masalah. Ormas Islam juga digambarkan memiliki hubungan timbal balik dengan militer, sehingga mereka dengan mudah menjadi alat politik bagi militer untuk tetap melanggengkan kekuasaan. Terakhir, hasil yang ditemukan, bahwa ormas Islam menggunakan isu agama sebagai proses eksistensi di berbagai peristiwa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing Gamson dan Modigliani, Komunisme, Ormas Islam, Tempo
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Apr 2019 03:38
Last Modified: 01 Apr 2019 03:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17896

Actions (login required)

View Item View Item