JUDUL CLICKBAIT DALAM BERITA KASUS BOM DI SURABAYA 13 MEI 2018 (Analisis Isi tentang Pola Karakteristik Clickbait dalam Judul Berita Kasus Bom di Surabaya pada Tribunnews.com Edisi 13 Mei 2018 )

PRATAMA, ELISABETH PUSPASARI DIAN (2018) JUDUL CLICKBAIT DALAM BERITA KASUS BOM DI SURABAYA 13 MEI 2018 (Analisis Isi tentang Pola Karakteristik Clickbait dalam Judul Berita Kasus Bom di Surabaya pada Tribunnews.com Edisi 13 Mei 2018 ). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04889.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Jurnalisme online adalah media baru di dunia jurnalistik yang mengaksesnya menggunakan jaringan internet. Jurnalisme online memiliki karakteristik utama yaitu cepat dan up to date. Jurnalisme online memiliki sifat yang tak terbatas ruang dan waktu dalam menyebarkan sebuah informasi. Salah satu bentuk dari jurnalisme online adalah portal berita. Portal berita menghasilkan produk jurnalistik berbentuk digital yang bisa diakses setiap waktu dan dimanapun dengan jaringan internet. Keberadaan portal berita di Indonesia yang menjamur mengakibatkan munculnya persaingan antar portal untuk mendapatkan klik berita paling banyak dan menaikkan traffic situs portal berita. Judul berita menjadi daya tarik utama untuk menarik perhatian pembaca agar meng-klik link berita di sebuah portal berita. Kondisi ini lalu memunculkan fenomena clickbait pada portal berita. Clickbait adalah umpan yang dibuat untuk menarik pengguna internet masuk ke halaman portal berita. Umpan yang dimaksud disini adalah judul berita. Clickbait biasanya dibuat dengan beragam karakteristik yang membuat judul lebih menarik untuk diklik pembaca porta berita. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis isi untuk mengertahui apa saja pola karakteristik clickbait yang digunakan Tribunnews.com dalam 156 judul berita pemberitaan kasus Bom di Surabaya 13 Mei 2018. Penelitian ini juga mendeskripsikan pola karakteristik clickbait yang ada pada Tribunnews.com dengan Pedoman Peliputan Terorisme dalam kasus Bom di Surabaya 13 Mei 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pemberitaan kasus Bom di Surabaya 13 Mei 2018 Tribunnews teridentifikasi menyajikan judul berita dengan beragam pola karakteristik clickbait. Pola karakteristik clickbait yang paling banyak digunakan Tribunnews adalah judul berita lebih dari 10 kata (59,62%), judul berita shareable (50%), judul berita misoginis (48,72%) dan judul berita menggunakan kata atau kalimat hiperbola (30,13%). Adanya pola karakteristik clickbait yang digunakan Tribunnews dalam pemberitaan kasus Bom di Surabaya juga tidak sesuai dengan Pedoman Peliputan Terorisme pada poin 7,8, dan 10.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Jurnalisme Online, Portal Berita, Clickbait, Terorisme, Pedoman Peliputan Terorisme.
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Apr 2019 03:59
Last Modified: 01 Apr 2019 03:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17906

Actions (login required)

View Item View Item