PENGARUH INFORMASI MELALUI ELECTRONICS WORD OF MOUTH TERHADAP NIAT PEMBELIAN KONSUMEN DI MEDIA SOSIAL DENGAN PENDEKATAN MODEL PENERIMAAN INFORMASI

Gunawan, Dedi Hari (2018) PENGARUH INFORMASI MELALUI ELECTRONICS WORD OF MOUTH TERHADAP NIAT PEMBELIAN KONSUMEN DI MEDIA SOSIAL DENGAN PENDEKATAN MODEL PENERIMAAN INFORMASI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EM21731.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Electronics Word of Mouth adalah salah satu teknik pemasaran yang seringkali dianggap remeh dan kurang mendapat perhatian di Indonesia khususnya di Yogyakarta. Padahal, di negara maju seperti Inggris, teknik ini telah diperhatikan benar oleh banyak perusahaan dan mulai dikembangkan. Menggunakan model penelitian IACM, TRA, dan IAM, penelitian ini menganalisis pengaruh antara eWOM terhadap niat pembelian konsumen, dengan 6 indikator, yakni kualitas informasi, kredibilitas informasi, kebutuhan informasi, sikap terhadap informasi, kegunaan informasi, dan adopsi informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah 6 indikator dari eWOM tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat pembelian konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung. Hasil penelitian menggunakan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa mayoritas indikator eWOM mempengaruhi niat pembelian konsumen. Variabel kualitas informasi dan kredibilitas informasi dinyatakan bukan sebagai faktor kunci eWOM di media sosial yang mempengaruhi niat pembelian konsumen, sedangkan kebutuhan informasi, sikap terhadap informasi, kegunaan informasi, dan adopsi informasi dinyatakan sebagai faktor kunci eWOM yang mempengaruhi niat pembelian konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: eWOM, Niat Pembelian, IACM, IAM, TRA
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Apr 2019 05:42
Last Modified: 01 Apr 2019 05:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17921

Actions (login required)

View Item View Item