PENGARUH PENGALAMAN DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP SKEPTISISME PROFESIONAL AUDITOR (Studi Empiris pada KAP di Yogyakarta, Semarang, dan Surakarta)

Beo, Agustinus Wira Setiawan Paru (2018) PENGARUH PENGALAMAN DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP SKEPTISISME PROFESIONAL AUDITOR (Studi Empiris pada KAP di Yogyakarta, Semarang, dan Surakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA20559.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empirisi mengenai pengaruh pengalaman auditor dan tipe kepribadian terhadapat skeptisisme profesional auditor. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 51 auditor sebagai target responden yang bekerja di Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta, Semarang, dan Surakarta. Skeptisisme profesional auditor adalah sikap auditor yang selalu meragukan dan mempertanyakan segala sesuatu, dan menilai secara kritis bukti audit serta mengambil keputusan audit berlandaskan keahlian auditing yang dimilikinya. Sikap mempunyai dasar genetik, yang mempunyai karakteristik berbeda-beda setiap individu. Perbedaan karakteristik atau kepribadian seseorang dapat menjadi dasar dari sikap seseorang, termasuk sikap skeptisisme profesional dari seorang auditor. Sikap ini akan menentukkan auditor dalam melakukan proses audit, sehingga dapat menghasilkan laporan keuangan yang baik dan sesuai dengan standar yang berlaku. Terdapat faktor lain, yaitu; pengalaman, dimana pengalaman akan memberikan bekal yang lebih baik kepada seorang auditor dalam menentukan bukti audit yang ditemukan. Alat uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa pengalaman tidak berpengaruh terhadap skeptisisme professional. Sedangkan tipe kepribadian ST dan NT memiliki pengaruh positif terhadap skeptisisme profesional auditor. Hal ini menunjukan bahwa auditor pada KAP di Yogyakarta, Semarang, dan Surakarta telah memiliki kepribadian dengan sikap skeptis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Skeptisisme profesional auditor, pengalaman, tipe kepribadian
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Apr 2019 01:46
Last Modified: 02 Apr 2019 01:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17938

Actions (login required)

View Item View Item