EVALUASI PERBANDINGAN PERILAKU DAN PENGETAHUAN PEKERJA TERHADAP KEJADIAN KECELAKAAN KERJA PADA PROYEK KONSTRUKSI DI YOGYAKARTA,

Anggoro, Yulius Donny (2018) EVALUASI PERBANDINGAN PERILAKU DAN PENGETAHUAN PEKERJA TERHADAP KEJADIAN KECELAKAAN KERJA PADA PROYEK KONSTRUKSI DI YOGYAKARTA,. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TS14777.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pekerja konstruksi memiliki peran penting dalam pengerjaan pelaksanaan sebuah konstruksi. Namun, terdapat perilaku pekerja yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja pekerja dimana hal ini mempengaruhi kinerja para pekerja konstruksi. Untuk itu, studi mengenai hubungan antara perilaku pekerja dengan kejadian kecelakaan kerja di perusahaan konstruksi adalah penting, bahkan menjadi sebuah keharusan jika perusahaan konstruksi tersebut ingin semakin berkembang. Berkurangnya angka kecelakaan kerja pekerja akan menghasilkan kinerja yang semakin tinggi. Banyak faktor yang mempengaruhi kecelakaan kerja pekerja, di antaranya adalah pengetahuan, sikap, praktik alat pelindung diri, dan kelelahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara durasi kerja, pengetahuan, sikap, praktik alat pelindung diri (APD), kelelahan dan pengetahuan K3 dengan kejadian kecelakaan kerja pada pekerja konstruksi di proyek konstruksi Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan Analisis Univariat dan Analisis Bivariat terdapat variabel bebas diantaranya durasi kerja, pengetahuan, sikap, praktik alat pelindung diri (APD), kelelahan pekerja dan pengetahuan K3 dan variabel terikat yaitu kejadian kecelakaan kerja, untuk mengetahui hubungan variabel bebas dengan variabel terikat digunakan metode Uji Chi-Square. Hasil penelitian dengan menggunakan metode Chi-Square didapat hasil tidak ada hubungan yang bermakna antara durasi kerja, pengetahuan, sikap, praktik alat pelindung diri (APD), kelelahan pekerja dan pengetahuan K3.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pekerja Konstruksi, Kecelakaan Kerja, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Perilaku Pekerja
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Apr 2019 03:17
Last Modified: 02 Apr 2019 03:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17955

Actions (login required)

View Item View Item