KEKUATAN, FLOWABILITY, DAN KETAHANAN TERHADAP SULFAT DARI TANAH YANG DISTABILISASI MENGGUNAKAN SEMEN DAN FLY ASH

Krisvanto, Eko (2018) KEKUATAN, FLOWABILITY, DAN KETAHANAN TERHADAP SULFAT DARI TANAH YANG DISTABILISASI MENGGUNAKAN SEMEN DAN FLY ASH. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TS15252.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pembangunan Reklamasi Pantai sebagai solusi dalam penyelesaian permasalahan sedikitnya lahan di Indonesia yang saat ini bisa dipergunakan untuk konstruksi atau pembangunan menjadi terhambat karena ketiadaan pasokan tanah sebagai penahan beban reklamasi pantai. Tanah lempung sendiri sulit untuk ditemukan, tetapi di Indonesia sendiri tanah lempung dapat ditemukan di Sidoarjo, biasanya banyak dikenal sebagai Lumpur Sidoarjo (LuSi) yang tidak terpakai. Tanah lempung yang akan digunakan sebagai tahanan beban terlebih dahulu harus ditambahkan dengan semen untuk meningkatkan kekuatannya, sehingga diharapkan mampu menahan beban dari reklamasi pantai. Dibutuhkan bahan yang dapat mempertahankan kekuatan tahanan bebas reklamasi pantai ini, penambahan fly ash sebagai limbah buangan yang disubstitusi terhadap semen yang merupakan limbah perusak lingkungan diharapkan dapat meningkatkan kekuatan pada reklamasi pantai. Pada penelitian ini, untuk mengetahui tingkat kekuatan dan ketahanan CTC pada durasi curing yang lama dilakukan pengujian Unconfined Compressive Strength, penetration test untuk mengetahui ketahanan benda uji terhadap sulfat dan L-Shape Box untuk mengetahui tingkat kegetasan campuran CTC saat dialiri melalui pipa mixing (flowability) dengan beragam variasi kadar semen, fly ash, dan kadar air pada lusi. Pada hasil penelitian terlihat bahwa pengaruh kadar semen, fly ash dan air berpengaruh pada ketahanan CTC terhadap larutan MgSO4. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh penambahan fly ash sebagai pensubstitusi semen dapat meningkatkan kekuatan dan ketahanan CTC walau tidak terlalu signifikan dibanding tanpa menggunakan fly ash pada CTC.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode unconfined compressive strength, cement treated clay, kadar semen, kadar fly ash¸kadar air, flowability, penetration test, lumpur sidoarjo, curing time.
Subjects: Sipil > Geo Teknik
Sipil > Geo Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Apr 2019 03:30
Last Modified: 02 Apr 2019 03:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17958

Actions (login required)

View Item View Item