PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN KARTINI KOTA SALATIGA

Baskoro, Fransiscus Xaverius Agung (2018) PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN KARTINI KOTA SALATIGA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TS15310.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Jalan Kartini Kota Salatiga merupakan ruas jalan yang terdapat di daerah padat aktivitas, dimana dijalan ini terdapat Sekolah, Pertokoan, Rumah Makan, serta Tempat Bimbel. Tetapi karena kurangnya tempat parkir yang dimiliki bangunan – bangunan tersebut, yang pada akhirnya menyebabkan ruas Jalan Kartini ini digunakan sebagai tempat parkir kendaraan yang mengganggu kelancaran lalu lintas serta mengganggu kenyamanan, keamanan, dan keselamatan pengguna Jalan Kartini. Dari permasalahan yang ada, penelitian pada ruas Jalan Kartini Kota Salatiga untuk mengetahui pengaruh hambatan samping pada kinerja ruas jalan dan tingkat pelayanannya. Survei yang dilaksanakan selama 2 hari, Sabtu, 12 Mei 2018 dan Senin, 14 Mei 2018. Dengan pembagian waktu, jam sibuk pagi 07.00 – 09.00, jam sibuk Siang 12.00 – 14.00, jam sibuk sore 16.00 – 18.00. Data yang diambil selama survei yaitu jumlah serta kecepatan kendaraan ringan, berat dan sepeda motor yang melintas. Mengamati hambatan samping yang terjadi seperti pejalan kaki, kendaraan parkir atau berhenti, kendaraan keluar masuk dari samping segmen jalan, dan kendaraan lambat. Hasil analisis menunjukan bahwa puncak volume arus lalu lintas terjadi pada Sabtu, 12 Mei 2018 pada jam puncak sore 16.15 – 17.15 sebesar 1687,3 skr/jam, kecepatan bebas sebesar 27,913 km/jam, kapasitas sebesar 2543,184 skr/jam, derajat kejenuhan sebesar 0,66 dan kecepatan yang dipengaruhi derajat kejenuhan sebesar 22 km/jam. Setelah dilakukan solusi perbaikan kinerja jalan pada Ruas Jalan Kartini Kota Salatiga mengalami peningkatan. Volume arus lalu lintas pada jam puncak sebesar 1687,3 skr/jam, kecepatan bebas sebesar 33,173 km/jam, kapasitas sebesar 3951,018 skr/jam, derajat kejenuhan sebesar 0,427 dan kecepatan yang dipengaruhi derajat kejenuhan sebesar 29 km/jam. Dapat dilihat dari hasil analisis, dengan menghilangkan parkir di tepi Jalan Kartini Kota Salatiga dapat meningkatkan kinerja ruas jalan. Memberikan sanksi bagi pengendara yang parkir di tepi jalan merupakan salah satu cara meningkatkan kinerja ruas Jalan Kartini Kota Salatiga.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kinerja ruas jalan, kecepatan tempuh, volume lalu lintas, hambatan samping, tingkat pelayanan.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Apr 2019 03:40
Last Modified: 02 Apr 2019 03:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17962

Actions (login required)

View Item View Item