PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, RASIO LEVERAGE, DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN PROPERTI REAL ESTATE DAN KONSTRUKSI BANGUNAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE TAHUN 2014-2017

Gunawan, Regina (2018) PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, RASIO LEVERAGE, DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN PROPERTI REAL ESTATE DAN KONSTRUKSI BANGUNAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE TAHUN 2014-2017. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA20983.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rasio likuiditas, rasio leverage, dan arus kas operasi terhadap financial distress pada perusahaan properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Variabel independen dalam penelitian ini adalah financial distress yang diukur dengan menggunakan Earning Per Share (EPS), variabel dependen dalam penelitian ini adalah rasio likuiditas yang diukur dengan quick ratio, rasio leverage yang diukur menggunakan rasio total utang, dan arus kas operasi yang diukut dengan menggunakan rasio cash return on total assets. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan keuangan tahunan yang terdaftar di BEI. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan property yang terdaftar di BEI tahun 2014-2017 yang berjumlah 51 perusahaan pertahun. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 204 perusahaan. Metode yang digunakan untuk menentukan sampel penelitian adalah metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasio likuiditas dan arus kas operasi berpengaruh negatif terhadap financial distress dan rasio leverage berpengaruh positif terhadap financial distress.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Financial distress, rasio keuangan, rasio likuiditas, rasio leverage, arus kas operasi
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Apr 2019 03:48
Last Modified: 02 Apr 2019 03:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17969

Actions (login required)

View Item View Item