LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PUSAT INFORMASI PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN NTB DI KOTA MATARAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENDEKATAN TRANSFORMASI ARSITEKTUR TRADISIONAL PROVINSI NTB

KURNIA, ANGELINA (2018) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PUSAT INFORMASI PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN NTB DI KOTA MATARAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENDEKATAN TRANSFORMASI ARSITEKTUR TRADISIONAL PROVINSI NTB. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA14117.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Nusa Tenggara Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memilki potensi pada sektor pariwisata dan kebudayaan yang tinggi. Namun terdapat beberapa hal permasalahan mengenai promosi pariwisata yang masih dikeluhkan wisatawan. Aspek-aspek tersebut adalah masalah kurangnya pengenalan tujuan wisata di daerah, kurangnya pameran pengenalan tujuan wisata di NTB, serta perlu diperbaikinya informasi tujuan wisata di internet. Sedangkan permasalahan di bidang kebudayaan terletak pada tersebarnya data mengenai kebudayaan NTB di masing-masing daerah yang tidak terorganisir dengan baik dan tidak terekspos yang menyebabkan kurangnya pamor kebudayaan NTB dikalangan wisatawan maupun masyarakat pada umumnya. Pengadaan bangunan Pusat Informasi Pariwisata dan Kebudayaan NTB di Kota Mataram sebagai ibu kota provinsi NTB untuk menjawab kebutuhan wisatawan maupun masyarakat umum akan suatu wadah yang memuat segala informasi Pariwisata dan Kebudayaan NTB dan sebagai media promosi bagi pemerintah untuk menunjang perkembangan sektor pariwisata dan kebudayaan provinsi NTB Tipologi bangunan Pusat Informasi Pariwisata dan Kebudayaan merupakan tipologi mengandung unsur kedaerahan. Penampilan identitas Pusat Informasi Pariwisata dan Kebudayaan dengan memadukan elemen budaya tradisional khususnya dalam bidang arsitekturnya dapat menjadi identitas bangunan maupun kawasan secara makro. Dalam melakukan suatu proses perancangan, metode transformasi dapat dilakukan untuk mengembangkan sebuah kreatifitas dalam menghasilkan sebuah karya disain. Dengan metode transformasi kearifan arsitektur tradisional tetap terjaga namun bangunan juga tetap dapat berdaptasi dengan masa sekarang serta menampilkan sesuatu yang baru yang tidak sekedar produk duplikasi semata. Dengan menggunakan pendekatan transformasi Arsitektur Tradisional daerah NTB diharapakan dapat mewujudkan rancangan bangunan Pusat Informasi Pariwisata dan Kebudayaan NTB yang memenuhi fungsi informasi, rekreasi, promosi dan pelestarian dengan menampilkan citra identitas provinsi NTB melalui pengolahan tata ruang dalam, tata ruang luar dan fasad bangunan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Apr 2019 06:54
Last Modified: 02 Apr 2019 06:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17994

Actions (login required)

View Item View Item