IMPLEMENTASI MANAJEMEN KAMPANYE CENTER FOR IMPROVING ACTIVITY LIFE PEOPLE WITH DISABILITIES (CIQAL) YOGYAKARTA PADA KAMPANYE 16 HARI ANTI KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN 2017

APRILIANA, CLARISA (2018) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KAMPANYE CENTER FOR IMPROVING ACTIVITY LIFE PEOPLE WITH DISABILITIES (CIQAL) YOGYAKARTA PADA KAMPANYE 16 HARI ANTI KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN 2017. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05280.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Setiap orang memiliki hak reproduksi termasuk perempuan disabilitas. Selain itu perempuan disabilitas juga berhak untuk memperoleh informasi dan memperoleh standar tertinggi dari kesehatan reproduksi dan seksual. Termasuk hak untuk membuat keputusan tentang hak reproduksi yang bebas dari diskriminasi, perlakuan sewenang-wenang, dan kekerasan. Melihat kenyataan tersebut, maka beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) melakukan kampanye dan sosialisasi tentang perempuan disabilitas dan hak reproduksi. Salah satu LSM tersebut adalah CIQAL yang berperan aktif dalam kampanye tentang isu reproduksi dan seksualitas bagi perempuan disabilitas, selain itu CIQAL fokus pada daerah di Yogyakarta dan pada segmen disabilitas. Kampanye 16 HAKTP merupakan kampanye yang diselenggarakan CIQAL untuk memperjuangkan hak perempuan disabilitas atas hak reproduksi dan seksualnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Implementasi Manajemen Kampanye Center for Improving Activity Life People with Disabilities (CIQAL) Yogyakarta pada Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (HAKTP) 2017”, dengan menggunakan teori utama manajemen kampanye. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara yang dilakukan pada pengurus CIQAL yaitu koordinator kampanye dan pendamping lapangan. Selain itu juga mengumpulkan data berupa dokumen, kumpulan foto dan laporan terkait dengan kampanye 16 HAKTP 2017 CIQAL. Hasil penelitian dari penelitiaan adalah perencanaan kampanye yang dilakukan oleh CIQAL dalam kampanye 16 HAKTP 2017 berangkat dari pendataan dan studi kasus tentang tingginya tingkat kekerasan seksual pada perempuan disabilitas. Kampanye ini memiliki tujuan untuk penghapusan kekerasan seksual pada perempuan disabilitas dengan sasaran kampanye pemerintah, publik, dan perempuan disabilitas. Tema kampanye yang diangkat adalah “Perlindungan Korban Melalui Pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual” dan menggalang dukungan untuk pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi sistem manajemen kampanye dalam kampanye 16 HAKTP 2017 diterapkan oleh CIQAL sebagai serangkaian kegiatan komunikasi yang bertujuan untuk menciptakan dampak tertentu kepada sebagian besar khalayak secara berkelanjutan dalam periode waktu tertentu. Saran untuk peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian melihat pandangan mengenai implementasi manajemen kampanye yang dilakukan dari sisi peserta yang mengikuti kampanye sehingga dapat diketahui pandangan dari sisi peserta tentang implementasi manajemen kampanye yang dilakukan tersebut. Sedangkan saran untuk organisasi agar media komunikasi yang digunakan bisa diperluas dengan menggunakan media sosial yang lebih familiar digunakan masyarakat di masa kini. Sehingga pesan kampanye dapat lebih luas tersampaikan dan mendapatkan dukungan yang lebih dari publik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kampanye, CIQAL, Perempuan Disabilitas
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Apr 2019 01:40
Last Modified: 04 Apr 2019 01:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18002

Actions (login required)

View Item View Item