KEBEBASAN PERS DI PAPUA (ANALISIS ISI KUALITATIF BERITA KEKERASAN TERHADAP WARTAWAN DI PAPUA PADA MERDEKA.COM PERIODE NOVEMBER 2017 - FEBRUARI 2018)

CHRISNIKASANTY, VIESCA (2018) KEBEBASAN PERS DI PAPUA (ANALISIS ISI KUALITATIF BERITA KEKERASAN TERHADAP WARTAWAN DI PAPUA PADA MERDEKA.COM PERIODE NOVEMBER 2017 - FEBRUARI 2018). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05312.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kekerasan terhadap kegiatan jurnalistik merupakan salah satu permasalahan besar bagi wartawan. Salah satu contoh kasusnya adalah wartawan di Papua yang mengalami kekerasan. Hal tersebut tentu saja menciderai kebebasan pers yang tercantum dalam Undang-Undang Pers. Papua merupakan provinsi dengan data tahun 2016 yang menyatakan kekerasan terhadap wartawan atau perusahaan pers paling tinggi. Kekerasan yang tinggi di Papua kemudian menjadi sorotan pemberitaan media. Produk berita terdiri dari banyak faktor yang berkaitan dengan pandangan, sikap hingga ideologi dari penulis berita. Penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis isi kualitatif milik Van Dijk yang bertujuan untuk mengungkap isi berita kasus kekerasan terhadap wartawan di Papua. Pada akhirnya, analisis isi kualitatif menjelaskan teks berita yang di dalamnya memiliki tujuan untuk mendapatkan atensi dari pemerintah. Atensi yang diharapkan dari pemerintah berupa penegakan hukum serta jaminan perlindungan terhadap wartawan dalam menjalankan tugasnya sebagai memenuhi kebebasan pers di Papua.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kebebasan Pers, Analisis Isi Kualitatif, Berita Kekerasan, Papua.
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Apr 2019 01:47
Last Modified: 04 Apr 2019 01:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18005

Actions (login required)

View Item View Item