KONSTRUKTIVISME SOSIAL ANAK TULI TERHADAP KEINTIMAN DALAM HUBUNGAN ORANGTUA HEARING-ANAK TULI (Studi Fenomenologi pada Hubungan Anak Tuli dengan Orangtua)

Sumanti, Vivi (2018) KONSTRUKTIVISME SOSIAL ANAK TULI TERHADAP KEINTIMAN DALAM HUBUNGAN ORANGTUA HEARING-ANAK TULI (Studi Fenomenologi pada Hubungan Anak Tuli dengan Orangtua). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05495.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada konstruktivisme sosial anak Tuli terhadap keintiman hubungan yang dimiliki dengan orangtuanya. Konstruktivisme menjelaskan bahwa setiap individu memiliki pemikiran tersendiri melalui pengalaman pribadinya dan dipengaruhi oleh interaksi sosialnya. Sedangkan penetrasi sosial menjelaskan keintiman hubungan dengan keluasan dan kedalaman komunikasi dalam hubungan interpersonal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konstruksivisme sosial anak Tuli terhadap keintiman hubungan mereka dengan orangtua melalui keluasan dan kedalaman komuniksi mereka. Pengetahuan akan konstruktivisme sosial anak Tuli berguna untuk memahami pandangan anak Tuli terhadap hubungan orangtua-anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode fenomenologi. Data dalam penelitian diperoleh dengan wawancara mendalam pada tiga orang narasumber yang didapat melalui proses snowball sampling dan kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruktivisme sosial para narasumber sebagai seorang Tuli terhadap hubungan mereka dengan orangtua bervariasi dari intim, tidak mencapai kata intim, hingga jauh dari kata intim sesuai dengan tingkat keluasan dan kedalaman komunikasi mereka dalam penetrasi sosial. Melalui konstruksi tersebut, terdapat narasumber yang tidak puas karena hubungan dengan orangtuanya jauh dari kata intim, puas karena hubungan dengan orangtuanya intim, serta puas tanpa memiliki hubungan yang intim dengan orangtuanya. Perbedaan konstruksi keintiman hubungan ini dikarenakan setiap narasumber memiliki realitas sosial yang juga berbeda-beda sesuai dengan pemikiran dan pengalaman yang dirasakan diri mereka masing-masing dengan orangtua mereka.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keintiman Hubungan, Anak Tuli, Konstruktivisme Sosial, Penetrasi Sosial, Budaya Tuli
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Apr 2019 01:51
Last Modified: 04 Apr 2019 01:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18007

Actions (login required)

View Item View Item