IMPLEMENTASI STRATEGI BRANDING SWARAGAMA TRAINING CENTER DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS KONSUMEN PERIODE JANUARI – MEI 2018

Kock, Alberth Willso de (2018) IMPLEMENTASI STRATEGI BRANDING SWARAGAMA TRAINING CENTER DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS KONSUMEN PERIODE JANUARI – MEI 2018. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05701.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Impelementasi Strategi Branding Swaragama Training Center dalam meningkatkan Brand Awarenessperusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Strategi Branding yang dilakukan oleh Swaragama Training Center dalam meningkatkan brand awareness. Menurut Knapp (2001:21)Doktrin brand strategyadalah suatu rencana tindakan yang komprehensif dan digunakan oleh organisasi untuk; menentukan intisarinya atau brand promise, menciptakan perubahan paradigma merek dan mendapatkan keunggulan kompetitif yang terus menerus.Penerapan Doktrin brand strategy milik Duane E. Knapp memiliki 5 langkah; Brand Assessment, Brand Promise, Brand Blueprint, Brand Culturalization dan Brand Advantage. Narasumber dalam penelitian ini adalah Swaragama Training Center, Peserta kelas Public Speaking dan Peserta Kelas Master of Ceremony. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu jenis penelitian yang digunakan untuk penelitian tentang kehidupan masyarakat, sejarah, tingkah laku, fungsionalisasi organisasi, aktivitas sosial, dan lain-lain. Riset penelitian kualitatif bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai fenomena yang telah ditemukan dilapangan dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan melalui data sekunder. Teknik analisa yang dipakai adalah analisa data primer dan sekunder serta triangulasi data antar satu narasumber dengan narasumber lain. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kelengkapan Doktrin Brand strategy Swaragama Training Center sudah lengkap. Implementasi Doktrin Brand strategy dimulai dengan brand assessment riset pasar dan penentuan strategi pemasaran. Dalam melakukan kegiatan usahanya Swaragama Training Center berpedoman kepada visi dan misi dari perusahaan. Mulai dari kelengkapan blueprint Swaragama Training Center menggunakan beberapa media komunikasi yang digunakan untuk berpromosi, secara khusus Swaragama Training Center membangun awareness melalui kegiatan social media. Tidak hanya dalam kegiatan komunikasi-nya saja bentuk brand culturaization dalam bentuk peningkatan disiplin trainer hingga membangun brand advantage melalui pemaksimalan social media. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Swaragama Training Center menyadari pentingnya aktivitas branding untuk menjadi Top of Mind lembaga pelatihan soft skill communication di Yogyakarta, namun masih terdapat beberapa kegiatan yang belum sepenuhnya dilakukan secara maksimal dan sederhana.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Branding, Doktrin Brand strategy, Brand Awareness
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Apr 2019 01:59
Last Modified: 04 Apr 2019 01:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18009

Actions (login required)

View Item View Item