PENGARUH SKEPTISISME PROFESIONAL AUDITOR TERHADAP KEMAMPUAN MENDETEKSI FRAUD (Studi Empiris pada Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan/BPKP Provinsi DIY)

Novi, Fironika Kurnia (2018) PENGARUH SKEPTISISME PROFESIONAL AUDITOR TERHADAP KEMAMPUAN MENDETEKSI FRAUD (Studi Empiris pada Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan/BPKP Provinsi DIY). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA20114.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skeptisisme diartikan sebagai aliran atau paham yang memandang sesuatu selalu tidak pasti, meragukan, dan mencurigakan. Dalam standar intern pemerintah Indonesia, skeptisisme dapat diartikan sebagai sikap yang mencakup pikiran yang selalu mempertanyakan dan melaukan pengujian secara kritis. Skeptisisme profesional perlu dimiliki dan dipertahankan oleh auditor karena dengan memiliki skeptisisme profesional yang tinggi maka informasi yang akan didapatkan lebih banyak dibandingkan seorang auditor yang memiliki skeptisisme yang lebih rendah akan mencari informasi yang lebih rendah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji kembali pengaruh dari skeptisisme profesional auditor terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan di perwakilan BPKP provinsi DIY. Penelitian dilakukan pada seluruh auditor yang bekerja pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan DIY. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skeptisisme profesional auditor berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan auditor mendeteksi kecurangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Skeptisisme Profesional, Kemampuan MendeteksiFraud
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Apr 2019 03:43
Last Modified: 04 Apr 2019 03:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18018

Actions (login required)

View Item View Item