ANALISIS BIAYA VOLUME LABA PADA CORNELLIA&CO SELAKU PENYELENGGARA ACARA NGOPI DI MUSEUM VOL.3 2018

Suseno, Benedictus Adriarso Cahyo (2018) ANALISIS BIAYA VOLUME LABA PADA CORNELLIA&CO SELAKU PENYELENGGARA ACARA NGOPI DI MUSEUM VOL.3 2018. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA20256.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Cornellia&Co berencana menyelenggarakan sebuah acara festival kopi di dalam kompleks museum. Tujuan diselenggarakan acara ini adalah untuk memperkenalkan sekaligus meningkatkan minat kunjungan masyarakat terhadap wisata museum di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa tingkat penjualan tiket masuk pengunjung agar tercapai titik impas serta tingkat surplus yang ditetapkan dalam industri MICE. Analisa yang digunakan untuk perencanaan penjualan tiket masuk pengunjung ini menggunakan metode Break Even Point (BEP). Langkah – langkah analisis data meliputi: (1) Melakukan pengelompokan produk tiket masuk yang dijual, (2) Menentukan harga tiket masuk pengunjung, (3) Melakukan penghitungan terhadap biaya tetap yang terjadi, (4) Melakukan penghitungan terhadap biaya variabel pada tiket masuk pengunjung, (5) Menghitung margin kontribusi pada tiket masuk pengunjung, (6) Menghitung rasio margin kontribusi pada tiket masuk pengunjung, (7) Menghitung Break Even Point atau titik impas, (8) Menentukan jumlah tiket masuk yang semestinya terjual untuk mencapai target surplus. Hasil dari analisis pada anggaran perihal target penjualan tiket, menunujukan bahwa untuk mencapai titik impas Cornellia&Co harus dapat menjual tiket masuk pengunjung sebanyak 1.045 lembar tiket. Sedangkan untuk mencapai target surplus yang dientukan sebesar 10% dari biaya tetap atau sebesar Rp 7.463.320,00, maka Cornellia&CO harus dapat menjual tiket masuk sebanyak 1.526 lembar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Biaya Volume Laba, Break Even Point (BEP), MICE (Meeting, Incentive, Conference, and Exhibition), Penyelenggaraan acara festival.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Apr 2019 03:47
Last Modified: 04 Apr 2019 03:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18020

Actions (login required)

View Item View Item