PENGARUH PENGALAMAN, INDEPENDENSI, DAN SKEPTISISME PROFESIONAL TERHADAP KEMAMPUAN AUDITOR MENDETEKSI KECURANGAN DI KAP MEDAN DAN SEMARANG

Sagala, Laura (2018) PENGARUH PENGALAMAN, INDEPENDENSI, DAN SKEPTISISME PROFESIONAL TERHADAP KEMAMPUAN AUDITOR MENDETEKSI KECURANGAN DI KAP MEDAN DAN SEMARANG. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA20706.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Audit dilakukan untuk menunjukan bahwa laporan keuangan bebas dari salah saji (mistatement) yang material dan juga memberikan kepercayaan yang memadai atas akuntabilitas manajeman atau aktiva suatu entitas. Salah saji terdiri dari dua jenis yakni, kekeliruan (error) dan kecurangan (fraud). Faktor pengalaman memegang peranan yang penting agar auditor dapat mendeteksi adanya tindak kecurangan, karena pengalaman yang lebih akan menghasilkan pengetahuan yang lebih. Auditor dalam memberikan pendapat mengenai kewajaran laporan keuangan yang diperiksa, akuntan publik harus bersikap independen terhadap kepentingan klien, pemakai laporan keuangan, maupun kepentingan akuntan publik itu sendiri. Tidak hanya pengalaman dan independensi akan tetapi seorang auditor dalam menjalankan penugasan audit di lapangan seharusnya tidak hanya sekedar mengikuti prosedur audit yang tertera dalam program audit, tetapi juga harus disertai dengan sikap skeptisisme profesionalnya. xvi Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman, independensi dan skeptisisme profesional terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan. Penelitian dilakukan pada auditor-auditor di Kantor Akuntan Publik (KAP) di Wilayah Medan dan Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman berpengaruh positif terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan, independesi berpengaruh positif terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan dan skeptisme profesional auditor berpengaruh positif terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa pengalaman, independensi dan skeptisme profesional auditor secara signifikan berpengaruh positif terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman, Independensi, Skeptisisme profesional, Kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Apr 2019 03:51
Last Modified: 04 Apr 2019 03:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18022

Actions (login required)

View Item View Item