PENGARUH KARAKTERISTIK TUJUAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA APARAT PEMERINTAH DAERAH PADA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH KABUPATEN TANA TORAJA

Pagayang, Winner Satri (2018) PENGARUH KARAKTERISTIK TUJUAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA APARAT PEMERINTAH DAERAH PADA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH KABUPATEN TANA TORAJA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA21175.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali variabel penelitian yang digunakan oleh Sartono (2014) yaitu pengaruh Karakteristik Tujuan Anggaran terhadap Kinerja Aparat Pemerintah Daerah dengan obyek penelitian yang berbeda, yaitu pada Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Tana Toraja. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kinerja aparat pemerintah daerah dan variabel independennya adalah partisipasi anggaran, kejelasan tujuan anggaran, evaluasi anggaran, umpan balik anggaran, serta kesulitan tujuan anggaran. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Responden dalam penelitian ini yaitu Kepala OPD, Sekretaris OPD, Kepala Bidang, Kepala Sub Bidang, dan Kepala Sub Bagian pada 28 OPD meliputi Dinas dan Badan yang ada di Kabupaten Tana Toraja yang berjumlah 137 responden. Sampel dikumpulkan dengan menggunakan teknik purposive sampling dimana responden harus pernah terlibat dalam proses penganggaran dan telah menduduki jabatan struktural di atas 1 tahun. Data kuesioner diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan pengujian hipotesis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi anggaran, kejelasan tujuan anggaran, evaluasi anggaran, umpan balik anggaran, serta kesulitan tujuan anggaran berpengaruh positif baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja aparat pemerintah daerah di Kabupaten Tana Toraja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Tujuan Anggaran, Kinerja Aparat Pemerintah Daerah, Organisasi Perangkat Daerah, Kabupaten Tana Toraja.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Apr 2019 03:53
Last Modified: 04 Apr 2019 03:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18023

Actions (login required)

View Item View Item