PENGARUH SELEBRITI ENDORSER TERHADAP SIKAP DAN NIAT PEMBELIAN KONSUMEN (Studi pada iklan Adidas dengan bintang iklan Lionel Messi)

Chrisnata, Ryan (2018) PENGARUH SELEBRITI ENDORSER TERHADAP SIKAP DAN NIAT PEMBELIAN KONSUMEN (Studi pada iklan Adidas dengan bintang iklan Lionel Messi). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EM21299.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Perusahaan harus melakukan berbagai macam usaha untuk meningkatkan niat pembelian konsumen. Membentuk skap konsumen yang positif pada produk atau jasa perusahaan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan niat pembelian konsumen. Sikap konsumen dapat distimuli dengan program periklanan dengan menggunakan seorang endorser dari kalangan selebriti yang populer. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kepercayaan (trustworthiness), keahlian (expertise), daya tarik (attractiveness), kemiripan (similarity), kesukaan (liking), familiaritas (famialirity), kesesuaian endorser dengan merek/produk (celebrity match-up congruence with the brand/product) terhadap sikap pada merek (attitude to the brand). Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk menguji pengaruh sikap pada merek (attitude to the brand) terhadap niat pembelian (purchase intention). Penelitian menggunakan sampel 200 orang yang pernah melihat iklan produk perlengkapan olahraga merek Adidas dengan bintang iklan Lionel. Metode analisis data terdiri dari analisis regresi linier berganda dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini adalah, 1) Kepercayaan (trustworthiness), keahlian (expertise), daya tarik (attractiveness), kemiripan (similarity), kesukaan (liking), familiaritas (famialirity), kesesuaian endorser dengan merek/produk (celebrity match-up congruence with the brand/product) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap sikap konsumen pada merek (attitude to the brand) Adidas. 2) Sikap pada merek (attitude toward brand) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat pembelian (purchase intention) konsumen pada merek Adidas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, keahlian, daya tarik, kemiripan, kesukaan, familiaritas, kesesuaian endorser dengan merek/produk, sikap, niat pembelian
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:31
Last Modified: 04 Apr 2019 04:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18026

Actions (login required)

View Item View Item