PENURUNAN KAPASITAS DAN KINERJA JALAN SEBAGAI AKIBAT DARI ADANYA HAMBATAN SAMPTNG PADA RUAS JALAN MAYOR SURYOTOMO YOGYAKARTA

Sidar, Vinsensius Tandi (2018) PENURUNAN KAPASITAS DAN KINERJA JALAN SEBAGAI AKIBAT DARI ADANYA HAMBATAN SAMPTNG PADA RUAS JALAN MAYOR SURYOTOMO YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TS14676.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Jalan Mayor Suryotomo merupakan salah satu jalan jalan yang lokasinya berada di pusat Kota Yogyakarta, hal ini menyebabkan Jalan Mayor Suryotomo menjadi salah satu jalan yang banyak dilalui oleh kendaraan setiap harinya. Di ssamping-samping Jalan Mayor Suryotomo juga terdapat toko, hotel, pedagang kaki lima, food store dan sebagainya yang mengakibatkan banyaknya kendaraan yang berhenti di pinggiran jalan dan menyebabkan tersendatnya arus lalu-lintas, hal ini juga diperparah dengan banyaknya kendaraan yang keluar masuk serta kendaraan yang melawan arah. Penelitian pada Ruas Jalan Mayor Suryotomo dilakukan dengan cara pengambilan data selama tiga hari berturut-turut yaitu pada hari Selasa tanggal 14 November 2017, hari Rabu 15 November 2017, dan hari Kamis 16 November 2017. Pengambilan data yang dilakukan untuk memperoleh data primer berupa volume lalu lintas, hambatan samping, waktu tempuh, dan data sekunder yang diperlukan berupa jumlah penduduk. Analisis dilakukan berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014. Dari hasil analisis selama penelitian diperoleh data volume lalu lintas (Q) sebesar 1767,1 skr/jam, total frekuensi hambatan samping sebesar 315,1 skr/jam, kecepatan arus bebas kendaraan ringan (VB) sebesar 44,361 km/jam, kapasitas (C) sebesar 2431,836 skr/jam, derajat kejenuhan (DJ) sebesar 0,72 dan kecepatan rerata kendaraan ringan (VT) sebesar 36 km/jam. Berdasarkan hasil analisis menggunakan PKJI 2014, faktor hambatan samping yang paling mempengaruhi kinerja Ruas Jalan Mayor Suryotomo adalah kendaraan yang keluar masuk dari sisi jalan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hambatan samping, volume, kinerja ruas jalan kecepatan, kapasitas, derajat kejenuhan.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Apr 2019 05:40
Last Modified: 04 Apr 2019 05:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18043

Actions (login required)

View Item View Item