MANDA, MESAK (2018) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG ANGKUTAN UMUM (Studi Kasus Bus Primadona Trayek Toraja-Makassar, Sulawesi Selatan). S1 thesis, UAJY.
Text
TS14658.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Provinsi Sulawesi Selatan merupakan salah satu wilayah sebagai tujuan wisata di Indonesia yang menawarkan berbagai macam obyek wisata. Salah satu daerah tujuan wisata di Sulawesi Selatan yang menawarkan berbagai kekayaan alam maupun kekayaan istiadat seperti alam perbukitan, hutan pinus, air terjun, wisata rohani dan wisata kuburan adalah Tana Toraja. Tana Toraja merupakan salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan dengan ibukotanya Ujung Pandang yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan Kota Makassar. Banyak moda transportasi yang melayani perjalanan antara Tana Toraja – Makassar terutama di bulan-bulan tertentu seperti saat liburan sekolah, Lebaran, Natal, Tahun Baru maupun hari besar lainnya. Untuk akses transportasi antar dua wilayah tersebut, selain bisa menggunakan kendaraan pribadi, pemerintah maupun swasta telah memfasilitasi kedatangan dan kepulangan mereka dengan menggunakan moda transportasi darat dan juga udara. Untuk sementara jalur penerbangan yang bisa dijangkau pesawat dari kota-kota besar adalah Bandara Sultan Hasanuddin-Makassar, setelah itu dilanjutkan dengan perjalanannya menggunakan bus yang bisa ditemui di terminal Bus Daya. Untuk penggunaan transportasi darat, waktu tempuh antar dua wilayah yang berjarak kurang lebih 350 km sekitar 8-9 jam perjalanan. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan 90 kuesioner kepada penumpang Bus Primadona. Dari hasil analisis selama penelitian diperoleh data kuesioner sudah valid karena memiliki nilai r-hitung > r-tabel sebesar 0,361. Hasil uji validitas pada variabel kepuasan penumpang kelas eksekutif diperoleh nilai r-hitung sebesar 0,412 sampai 0,937. Kelas bisnis sebesar 0,583 sampai 0,927. Kelas ekonomi sebesar 0,426 sampai 0,926. Hasil uji validitas pada variabel kepentingan penumpang kelas eksekutif diperoleh nilai r-hitung sebesar 0,469 sampai 0,779, kelas bisnis sebesar 0,419 sampai 0,846, kelas ekonomi sebesar 0,512 sampai 0,828. Hasil analisis Importance Performance Analysis (IPA) diketahui bahwa rerata kelas eksekutif tingkat kepuasan 4,4887, kepentingan, 4,4533, kesesuaian 101%, kelas bisnis kepuasan 4,1227, kepentingan 4,2720, kesesuaian 97% dan kelas ekonomi kepuasan 3,6027, kepentingan 3,7407 dan kesesuaian 96%. Dari hasil analisis diketahui bahwa atribut dari pelayanan yang harus dipertahankan adalah tarif angkutan bus sudah sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan tingkat kesesuaian sebesar 139%. Adapun yang perlu ditingkatkan yaitu keamanan dan kenyamanan jasa angkutan tingkat kesesuaian sebesar 81%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Validitas, Reliabilitas, Importance Performance Analysis (IPA), dan Bus Primadona. |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 04 Apr 2019 05:43 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 05:43 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18044 |
Actions (login required)
View Item |