KAJIAN FASILITAS PENYEBERANGAN SEKOLAH DENGAN MENERAPKAN ZONA SELAMAT SEKOLAH (ZOSS) STUDI KASUS JLN. LETJEND SUPRAPTO NO. 84 YOGYAKARTA. (SD NEGERI GEDONGTENGEN)

SAID, ASTIKA (2018) KAJIAN FASILITAS PENYEBERANGAN SEKOLAH DENGAN MENERAPKAN ZONA SELAMAT SEKOLAH (ZOSS) STUDI KASUS JLN. LETJEND SUPRAPTO NO. 84 YOGYAKARTA. (SD NEGERI GEDONGTENGEN). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TS15572.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Zona Selamat Sekolah merupakan pengendalian kegiatan lalu lintas melalui pengaturan kecepatan dengan penempatan marka dan rambu pada ruas jalan di lingkugan sekolah yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan sebagai upaya menjamin keselamatan anak di sekolah. Penelitian ini akan meneliti beberapa faktor penentu dalam penerapan Zona Selamat Sekolah, yaitu perilaku penyeberang jalan, perilaku pengantar, kecepaan kendaraan, serta volume kendaraan untuk menentukan kelayakan jalan serta kapasitas jalan. Peralatan yang digunakan adalah peralatan standar yang dipakai untuk mengukur lebar dan panjang jalan, aplikasi penghitung jumlah kendaraan pada smartphone, serta formulir survei. Penelitian ini dilakukan di salah satu lokasi sekolah di Yogyakarta dengan fasilitas penyeberangan yang belum lengkap, penelitian dilakukan pada jam masuk dan jam pulang sekolah. Hasil analisis menunjukan penelitian tentang perilaku penyeberang jalan pada SD Negeri Gedongtengen dengan statik uji Z menunjukan Zhit 3,88 lebih besar dari Ztabel 2,004 (berkeselamatan), tingkat kesalahan 2,5%; Kecepatan kendaraan yang melewati SD Negeri Gedongtengen dengan statik uji Z menunjukan Zhit 11,017 lebih besar dari Ztabel 2,357 (belum berkeselamatan), tingkat kesalahan 2,5%; Volume kendaraan Q: 1461,9 smp/jam; kapasitas C; 2988,16 smp/jam: Derajat Kejenuhan Dj: 0,5436 < 0,90 ; perilaku pengantar pada SD Negeri Gedongtengen dengan statik uji Z menunjukan Zhit 0,950 lebih kecil dari Ztabel 2,056 (belum berkeselamatan) tingkat kesalahan 2,5%; tingkat layanan pada Jln. Letjend Suprapto no. 84 Yogyakarta adalah C (berkeselamatan); Zona Selamat Sekolah dapat diterapkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Zona Selamat sekolah, perilaku penyeberang, kecepatan kendaraan, volume lalu lintas, kapasitas, perilaku pengantar, tinkat layanan.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Apr 2019 05:55
Last Modified: 04 Apr 2019 05:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18046

Actions (login required)

View Item View Item