PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTA, DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN SKPD DI KABUPATEN WONOSOBO DENGAN PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Yulianto, Krist Setyo (2018) PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTA, DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN SKPD DI KABUPATEN WONOSOBO DENGAN PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA21115.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pemerintah Kabupaten Wonosobo mendapatkan perubahan opini dari WDP ke opini WTP untuk LKPD tahun 2016 atas hasil pemeriksaan BPK. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh faktor kompetensi SDM, sistem pengendalian intern pemerintah, dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan SKPD dengan standar akuntansi pemerintahan sebagai variabel mediasi di Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo khususnya keterkaitan pada perubahan opini WDP ke opini WTP yang didapatkan Pemerintah Daerah Wonosobo. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan survei kuesioner kepada 38 PPK-SKPD di seluruh dinas di Kabupaten Wonosobo. Pengolahan data menggunakan model penelitian analisis SEM berbasis varian (PLS) dengan menggunakan software SmartPLS 3.2.7. Pengujian PLS pada penelitian ini menggunakan evaluasi/penilaian outer model (model pengukuran) dengan konstruk reflektif, evaluasi/penilaian inner model (model struktural) dengan melihat RSquare, pengujian hipotesis, dan uji statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh bahwa kompetensi sumber daya manusia, sistem pengendalian intern pemerintah, dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap standar akuntansi pemerintahan. Sedangkan standar akuntansi pemerintahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan SKPD.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sumber Daya Manusia, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Standar Akuntansi Pemerintahan, Kualitas Laporan Keuangan SKPD.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Apr 2019 01:51
Last Modified: 05 Apr 2019 01:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18061

Actions (login required)

View Item View Item