PENGARUH SELEBRITI SEBAGAI ENDORSER TERHADAP NIAT PEMBELIAN

Hariyanto, Monica Indri Alfianti (2018) PENGARUH SELEBRITI SEBAGAI ENDORSER TERHADAP NIAT PEMBELIAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EM21160.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perusahaan atau pemasar harus mampu memberikan stimuli pada peningkatan niat pembelian konsumen. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan niat pembelian konsumen adalah dengan menggunakan endorser. Pemilihan endorser dari kalangan selebriti akan memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap peningkatan niat pembelian saat selebriti tersebut memiliki tingkat daya tarik, kredibilitas, keahlian dan kesesuaian endorser dengan produk yang tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh daya tarik, kredibilitas, keahlian dan kesesuaian endorser dengan produk terhadap niat pembelian konsumen pada produk kosmetuk merek Maybelline. Endorser yang digunakan terdari dari Velove Vexia dan Gigi Hadid. Penelitian dilakukan dilakukan di Yogyakarta pada bulan Maret tahun 2018 yaitu kepada 200 orang yang pernah melihat salah satu dari iklan produk kosmetik merek Maybelline di Youtube. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan metode sub grup. Hasil penelitian ini adalah: 1) Daya tarik, kredibilitas, keahlian dan kesesuaian endorser dengan produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat pembelian konsumen pada iklan yang dibintangi Velove Vexia. 2) Daya tarik, kredibilitas, keahlian dan kesesuaian endorser dengan produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat pembelian konsumen pada iklan yang dibintangi Gigi Hadid. 3) Pengaruh daya tarik, kredibilitas, keahlian dan kesesuaian endorser dengan produk terhadap niat pembelian konsumen lebih kuat pada iklan yang menggunakan Gigi Hadid sebagai endorser dibandingkan Velove Vexia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: daya tarik, kredibilitas, keahlian, kesesuaian endorser dengan produk, niat pembelian.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Apr 2019 02:20
Last Modified: 05 Apr 2019 02:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18065

Actions (login required)

View Item View Item