LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR DISUSUN OLEH: PROGRAM STUDI ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA 2018 RESOR PANTAI DI KOTA AMBON

TUPAMAHU, FRANSILYA (2018) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR DISUSUN OLEH: PROGRAM STUDI ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA 2018 RESOR PANTAI DI KOTA AMBON. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA15247.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Perkembangan pariwisata dari tahun ke tahun terus meningkat, seiring dengan berkembangnya masyarakat dan juga potensi-potensi wisata yang ada. Keberadaan tempat wisata pada suatu lokasi membutuhkan sarana serta prasarana untuk menunjang keberadaan tempat wisata tersebut. Salah satunya adalah sarana penginapan. Resor adalah salah satu jenis sarana penginapan yang juga menawarkan sarana rekreasi bagi masyarakat. Resor Pantai di Kota Ambon merupakan salah satu resor yang menawarkan berbagai macam sarana rekreasi dengan potensi alam berupa pantai. Resor pantai ini memiliki empat tipe kamar, dan fasilitas rekreasi yang memanfaatkan potensi alam yaitu wisata perahu, diving, snorkeling dan voli pantai. Pendekatan yang digunakan berupa pendekatan arsitektur tropis-modern yang disesuaikan dengan kondisi iklim pada tapak dan gaya hidup masyarakat modern. Selain itu juga untuk mempertahankan kebudayaan daerah setempat maka dalam perancangan bangunan ini juga menerapkan filosofis bangunan tradisional Maluku yaitu Baileo. Hal yang ingin dicapai dengan pendekatan tersebut adalah bangunan resor yang rekreatif melalui penataan ruang luar serta ruang dalam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: resor pantai, rekreatif, fungsional, efisien.
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Apr 2019 03:58
Last Modified: 05 Apr 2019 03:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18090

Actions (login required)

View Item View Item