LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR DISUSUN OLEH: PROGRAM STUDI ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA 2018 TAMAN BUDAYA NAGEKEO DI KOTA MBAY, FLORES, NTT DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR POST MODERN

LEWAR, JANUARIA LEPAN (2018) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR DISUSUN OLEH: PROGRAM STUDI ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA 2018 TAMAN BUDAYA NAGEKEO DI KOTA MBAY, FLORES, NTT DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR POST MODERN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA14424.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)

Abstract

Kondisi pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Timur mengalami peningkatan tiap tahun. Peningkatan pariwisata ini didukung oleh kondisi alam dan budaya sebagai destinasi wisata. NTT memiliki 22 kabupaten dan tiap kabupaten memiliki kebudayaan dan kesenian yang berbeda dari yang lain. Tidak semua kabupaten mempunyai kesadaran akan potensi kebudayaan dan kesenian daerahnya yang dapat dikembangkan sebagai potensi wisata budaya. Kabupaten Nagekeo merupakan salah satu kabupaten yang terletak di pulau Flores. Kabupaten Nagekeo merupakan kabupaten yang memiliki potensi di bidang seni dan kebudayaannya tetapi belum ada kesadaran untuk mengembangkan dan mempromosikannya. Taman Budaya Nagekeo diharapkan menjadi pusat mengembangkan dan mempromosikan kebudayaan dan kesenian Nagekeo dan dapat dijadikan destinasi wisata budaya. Taman budaya ini menampung semua informasi, barang – barang budaya seperti peninggalan sejarah dan produk kesenian seperti alat musik tradisional, pakaian adat, tenun dan sebagainya. Fasilitas yang diwadahi di taman budaya ini adalah museum, perpustakaan, sanggar dan area pertuntukan seni. Lokasi Taman Budaya Nagekeo adalah di Kota Mbay yang merupakan pusat dari Kabupaten Nagekeo. Bangunan taman budaya ini menerapkan gaya arsitektur postmodern yang juga dipadukan dengan arsitektur Nagekeo. Taman budaya ini diharapkan dapat menjadi icon budaya Nagekeo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Taman Budaya, Post Modern, Kebudayaan dan Kesenian Nagekeo
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Apr 2019 04:02
Last Modified: 05 Apr 2019 04:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18091

Actions (login required)

View Item View Item