USULAN PELETAKAN OBAT EMERGENCY UGD RSUD KOTA X BERDASARKAN POLA TREATMENT PASIEN

PRIHANTORO, VALENTINUS KRISNA (2018) USULAN PELETAKAN OBAT EMERGENCY UGD RSUD KOTA X BERDASARKAN POLA TREATMENT PASIEN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TI07849.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Apotek adalah sarana untuk melakukan kegiatan meramu/meracik/membuat obat hingga penyaluran obat kepada masyarakat. Apotek berperan sebagai pemberi pelayanan kesehatan masyarakat yang mudah dijangkau, sehingga harus dikelola dengan baik. Apotek RSUD Kota X memiliki dua kategori jenis pelayanan obat yaitu farmasi bangsal dan farmasi emergency/UGD. Peneliti berfokus pada pelayanan obat farmasi emergency/UGD. RSUD Kota X memiliki masalah dalam peletakan obat emergency pada rak/lemari emergency, yang menyebabkan perawat sering menemukan obat yang habis saat digunakan, melakukan pencarian obat berulang yang membutuhkan waktu lama. RSUD X telah menerapkan database dalam mengolah data permintaan obat emergency menggunakan aplikasi yang berbentuk data transaksi. Data transaksi yang dikumpulkan mulai dari tanggal 1 Januari hingga 10 November 2017 diolah dengan data mining menggunakan teknik Association rules untuk menemukan obat prioritas yang saling berkaitan dalam satu transaksi. Pengolahan data transaksi obat emergency menggunakan program Rapid Miner dengan nilai minimum support sebesar 1% dan nilai minimum confidence sebesar 5%. Hasil dari pengolahan ini adalah enam pasangan obat yang dijadikan dasar untuk peletakan obat emergency pada rak/lemari penyimpanan obat emergency. Peletakan ulang obat emergency dapat mengurangi frekuensi kehabisan obat dan waktu treatment pasien UGD dari 13 tahap proses menjadi 7 tahap proses.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: apotek, rumah sakit, data transaksi, peletakan obat, data mining, market basket analysis, association rules, fp-growth, rapid miner, purchase dependence
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Apr 2019 04:06
Last Modified: 05 Apr 2019 04:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18094

Actions (login required)

View Item View Item