PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN

Apsari, Irene Shintia (2011) PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02370.pdf

Download (790Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02370.pdf

Download (340Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02370.pdf

Download (479Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02370.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02370.pdf

Download (191Kb)

Abstract

Kemajuan teknologi komunikasi memberikan dampak yang besar pada praktisi Public Relations. Terutama dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dalam menciptakan komunikasi yang efektif dan menciptakan citra yang positif. Salah satu dari bentu perkembangan teknologi adalah media intranet. Media intranet merupakan media internet yang dirancang khusus untuk publik internal perusahaan seperti karyawan dan semua staf dari perusahaan. Melalui media ini karyawan dapat berkomunikasi dengan lebih mudah dan melalui media ini pula karyawan dapat memperoleh banyak informasi sehingga dapat menambah pengetahuan mereka tentang perusahaan, dimana pengetahuan yang dimiliki karyawan akan mempengaruhi dalam pembentukan citra pada perusahaan. Dalam usaha pembentukan citra media intranet ini juga dapat digunakan sehingga media ini dapat dijadikan alternatif. Citra dapat dibentuk melalui beberapa aspek yang ada, seperti personality, reputation, value, identity. Pada penelitian ini, citra yang dimaksudkan adalah citra yang berlaku pada karyawan bagaimana kesan mereka terhadap perusahaan apakah positif atau negatif. Pembentukan citra oleh karyawan ini dipengaruhi oleh pengetahuan. Tingkat pengetahuan yang dimiliki karyawan ini akan dipengaruhi oleh tingkat frekuensi mereka dalam menggunakan media intranet. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan membagi kuesioner kepada 89 karyawan PT. Telkom. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan koefisien korelasi Spearman’s Rho, didapatkan hasil bahwa tingkat pengetahuan tentang perusahaan berpengaruh positif terhadap citra dan hasil uji koefisien kontengensi menunjukkan bahwa hubungan diantara kedua variabel tersebut kurang erat atau sedang. Dari hasil analisis koefisien spearman’s Rho juga didapatkan bahwa variabel frekuensi penggunaan media berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan tentang perusahaan dan menunjukkan hubungan positif yang sedang. Citra perusahaan menurut karyawan pada dasarnya dapat dibentuk berdasarkan tingkat pengetahuan yang mereka dapat melalui beragam sumber, salah satunya adalah media intranet. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa semakin sering karyawan menggunakan media intranet maka tingkat pengetahuan juga akan bertambah tinggi dan semakin banyak pengetahuan yang karyawan miliki maka semakin besar pula kemungkinan mereka bersikap positif terhadap perusahaan terkait

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengetahuan, Citra
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 May 2013 11:02
Last Modified: 28 May 2013 11:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1810

Actions (login required)

View Item View Item