PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016)

Mappadang, Constine Anta (2018) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Constine Anta Mappadang)
EA21016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh karakteristik perusahaan yang meliputi profitabilitas, free cash flow, investment opportunity set, growth, dan leverage terhadap kebijakan dividen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan diperoleh sebanyak 180 sampel dari 70 perusahaan manufaktur. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen. Sedangkan free cash flow berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen. Hasil penelitian lainnya menunjukkan investment opportunity set, growth, dan leverage tidak berpengaruh negatif terhadap kebijakan dividen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Free Cash Flow, Investment Opportunity Set, Growth, Leverage, Karakteristik Perusahaan, Kebijakan Dividen.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 08 Apr 2019 01:36
Last Modified: 08 Apr 2019 01:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18123

Actions (login required)

View Item View Item