EVALUASI EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PENGELUARAN KAS PADA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PALANGKA RAYA

Anggraini, Riska (2018) EVALUASI EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PENGELUARAN KAS PADA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PALANGKA RAYA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Riska Anggraini)
EA21404.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi efektivitas sistem pengendalian internal terhadap pengeluaran kas pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya tahun 2017. Data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Data tersebut diperoleh melalui wawancara, observasi, dan inspeksi dokumen-dokumen milik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya terkait transaksi pengeluaran kas. Pengujian pengendalian yang digunakan dalam penelitian ini adalah discovery sampling untuk menentukan sample size yang akan diuji. Selanjutnya, analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan dan memaparkan secara keseluruhan mengenai sistem pengendalian internal terhadap pengeluaran kas yang ada pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya. Pengujian pengendalian berdasarkan tingkat keandalan (R%) sebesar 90%, Desired Upper Precision Limit (DUPL) sebesar 2%. Dari tabel tersebut didapatkan sample size sebesar 120. Akan tetapi pihak Fakultas hanya memberikan 55 sampel yang dapat diteliti dan diakses. Dari pengujian pengendalian terhadap sampel yang ada, ditemukan 22 kesalahan pada 55 sampel yang diuji karena ketidaksesuaian nomor bukti kas pada Buku Kas Umum dengan dokumen pendukung dan 2 kesalahan terhadap nominal transaksi. Berdasarkan evaluasi dan pengujian efektivitas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa peran sistem pengendalian internal dengan kebijakan yang ada kurang efektif. Hal ini xvii dapat mengindikasikan terjadinya risiko penyalahgunaan kas yang besar jika tidak dilakukan pengendalian internal yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Sistem pengendalian internal, Pengeluaran kas.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 08 Apr 2019 01:44
Last Modified: 08 Apr 2019 01:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18124

Actions (login required)

View Item View Item