PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, INTENSITAS MODAL, DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2016

Gultom, Meliana Merissa (2018) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, INTENSITAS MODAL, DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2016. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Meliana Merissa Gultom)
EA19963.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, intensitas modal, dan Good Corporate Governance (GCG) yang diproksikan dengan dewan komisaris, dewan komisaris independen, komite audit, dan kompensasi eksekutif terhadap praktik penghindaran pajak. Penghindaran pajak diukur menggunakan Book Tax Diffenrence (BTD). Jenis penelitian ini adalah penelitian empiris kuantitatif. Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2012-2016. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purpossive sampling dan didapatkan 150 laporan keuangan dari 30 perusahaan manufaktur di BEI dari tahun 2012-2016. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini untuk pengujian statistik digunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan adanya masalah normalitas sehingga dilakukan transformasi dan diperoleh sampel akhir 107. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, intensitas modal, dewan komisaris, dan kompensasi eksekutif berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak. Sedangkan dewan komisaris independen dan komite audit berpengaruh negatif terhadap penghindaran pajak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penghindaran Pajak, Ukuran Perusahaan, Intensitas Modal, Good Corporate Governance (GCG), Book Tax Difference (BTD)
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 08 Apr 2019 02:06
Last Modified: 08 Apr 2019 02:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18128

Actions (login required)

View Item View Item