PENGARUH KEDALAMAN DAN KECEPATAN PEMAKANAN TERHADAP TINGKAT KEKASARAN PERMUKAAN LOGAM ST60 DI MESIN MILLING CNC KASUGA V100X

KURNIAWAN, EDUARDUS ANDRI (2018) PENGARUH KEDALAMAN DAN KECEPATAN PEMAKANAN TERHADAP TINGKAT KEKASARAN PERMUKAAN LOGAM ST60 DI MESIN MILLING CNC KASUGA V100X. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (EDUARDUS ANDRI KURNIAWAN)
TI09111.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Kekasaran permukaan merupakan salah satu elemen penting untuk menentukan kualitas sebuah produk. Kualitas kekasaran permukaan hasil proses mesin milling ditentukan oleh banyak faktor seperti parameter pemotongan, alat potong, bahan benda kerja, kinerja mesin dan salah satunya adalah penggunaan feeding yang tepat Selain itu kedalaman pemakanan juga berpengaruh terhadap tingkat kekasaran permukaan yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi feeding dan kedalaman pemakanan terhadap kekasaran permukaan material St.60. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan 18 variasi feeding dan 2 variasi kedalaman pemakanan pada mesin milling CNC Kasuga V100X, setiap variasi feeding dari setiap kedalaman pemakanan diuji dengan 1 spesimen, sehingga jumlah spesimennya adalah 36 spesimen. Penelitian ini diuji dalam kondisi pengerjaan dan alat potong Insert Tip Ø25 yang relative sama. Hasil pengujian diukur dengan alat surface roughness tester untuk mengetahui nilai Ra yang dihasilkan pada masing-masing spesimen. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa faktor feeding mempengaruhi nilai kekasaran permukaan hasil penyayatan mesin milling dengan referensi dari perubahan nilai Ra yang dihasilkan. Tingkat kekasaran yang dihasilkan antara N6 hingga N9. Tingkat kekasaran terkecil yaitu N6 dicapai dengan variasi feeding yang rendah, sedangkan tingkat kekasaran terbesar yaitu N9 dicapai dengan variasi feeding yang tinggi. Dengan nilai feeding yang sama namun dengan kedalaman pemakanan yang lebih besar menghasilkan nilai tingkat kekasaran yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Milling, Feeding, Kekasaran Permukaan, St.60
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 09 Apr 2019 02:42
Last Modified: 09 Apr 2019 02:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18173

Actions (login required)

View Item View Item