PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN (4P) PADA WARUNG MAKAN CHICKENPEDIA JOGJA

Samban, Stevie Aprilista (2019) PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN (4P) PADA WARUNG MAKAN CHICKENPEDIA JOGJA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EM20710.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi bauran pemasaran pada warung makan Chickenpedia Jogja. Objek penelitian ini adalah warung makan Chickenpedia Jogja. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik warung makan Chickenpedia dan dua konsumen serta pelanggan yang bersedia dijadikan narasumber. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alat analisis yang digunakan adalah analisis domain dan analisis taksonomi. Analisis domain yaitu alat yang digunakan untuk menganalisis gambaran-gambaran objek penelitian secara umum, sedangkan analisis taksonomi yaitu teknis yang terfokus pada domain-domain tertentu kemudia memilah domain tersebut menjadi sub-sub domain serta bagian-bagian yang lebih khusus dan teperinci. Hasil penelitian menerangkan bahwa strategi bauran pemasaran yang digunakan oleh warung makan Chickenpedia meliputi strategi produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan tempat/lokasi (place). Dalam menghasilkan produk agar dapat diterima oleh konsumen, kualitas produk ayam geprek di warung makan Chickenpedia berbeda-beda dengan produk ayam geprek di tempat lain karena menekankan pada mutu kualitas varian rasa agar tetap menjadi ciri khas produk yang dihasilkan sehingga mampu menarik minat konsumen dan mempertahankan pelanggannya. Itulah yang membuat warung makan Chickenpedia masih dapat menjaga keberlangsungan hidup usahanya hingga saat ini. Hal ini terbukti dengan daerah pemasarannya yang semakin luas dengan adanya cabang-cabang yang dibuka yang tersebar di berbagai daerah di Yogyakarta yakni di jalan Timbulrejo Utara INSTIPER, jalan Pringgondani Resto PKL Mrican, jalan Garuda Tamantirto, dan jalan Kaliurang KM 13,5 Sukoharjo Sleman DIY. Total hingga saat ini warung makan Chickenpedia memiliki 5 gerai. Harga untuk setiap produk ayam gepreknya disesuaikan dengan jumlah bahan baku saat memproduksinya dan tingkat kesulitan dalam proses membuatnya. Harga jual dipertimbangkan sebaik mungkin dengan mengatur biaya produksi dan keuntungan yang ingin diambil. Kondisi perekonomian seperti kurs rupiah yang semakin menurun dan harga BBM yang naik tentunya mempengaruhi biaya bahan baku dalam memproduksi ayam geprek namun pemilik mungkin menaikkan harga sebesar 10%. Promosi merupakan elemen dari strategi bauran pemasaran yang diperlukan untuk menarik minat konsumen. Dengan promosi dapat menciptakan pasar dan menambah konsumen untuk berkunjung ke warung makan Chickenpedia melalui promosi media sosial Instagram, promosi penjualan, dan sedikit menggunakan advertising (periklanan) pada awal mula berdiri. Pemilik tidak pernah mengikuti bazaar makanan karena menurut pemilik usahanya tersebut sudah berada di pinggir jalan sehingga orang sudah banyak mengetahui, selain itu pelanggan mereka juga banyak yang menceritakan ke orang lain sehingga itu merupakan bentuk promosi yang dibantu oleh pelanggan mereka sendiri. Lokasi warung makan Chickenpedia berada di tempat yang strategis di mana dekat dengan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, dekat dengan permukiman warga, dan berada di pinggir jalan yang setiap hari ramai dilewati kendaraan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Produk, Harga, Promosi, Tempat/Lokasi, Instagram.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Apr 2019 03:04
Last Modified: 10 Apr 2019 03:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18205

Actions (login required)

View Item View Item