Atmaja, Claverence Kevin Arya Nata (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN “RUANGGURU” DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESESS. S1 thesis, UAJY.
Text
KOM04953.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dibuat guna mengetahui strategi komunikasi pemasaran “Ruangguru” dalam meningkatkan brand awareness. Narasumber dari penelitian ini adalah Sales and Marketing Team “Ruangguru”. Peneliti menggunakan metode deskripsi kualitatif guna mendeskripsikan secara menyeluruh dan mendalam mengenai strategi pemasaran yang digunakan “Ruangguru” dalam meningkatkan brand awareness dengan menggunakan komunikasi pemasaran atau promosi. Peneliti menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi dalam proses pengumpulan data. Penelitian ini melihat bahwa terdapat faktor-faktor yang dapat menyebabkan strategi komunikasi pemasaran tidak begitu efektif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan brand awareness pada masyarakat di awal tahun 2018. Hal ini dilihat dari pertumbuhan jumlah pengguna aplikasi “Ruangguru” yang berjumlah delapan juta pengguna. Jumlah pengguna ini didapatkan dari hasil perencanaan, pembentukan, hingga eksekusi strategi pemasaran yang dilakukan “Ruangguru”. Penelitian ini juga memberikan pemahaman bahwa pada praktiknya, strategi komunikasi pemasaran tidak selamanya berhasil. Ada faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dan diperhatikan agar proses strategi pemasaran dapat dilakukan secara maksimal. Keberhasilan dari strategi komunikasi pemasaran ini adalah meningkatnya brand awareness masyarakat terkait “Ruangguru”. Strategi komunikasi pemasaran ini juga memberikan beberapa efek yang menimbulkan perubahan sikap.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Komunikasi Pemasaran, Brand Awareness |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 03:45 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 03:45 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18209 |
Actions (login required)
View Item |