REPRESENTASI ATLET INDONESIA DALAM IKLAN TELEVISI (Studi Deskriptif Kualitatif pada Iklan Televisi Indomie Edisi Asian Games 2018 Satukan Tekad Indonesia)

Dwiputra, Eric Dharma (2019) REPRESENTASI ATLET INDONESIA DALAM IKLAN TELEVISI (Studi Deskriptif Kualitatif pada Iklan Televisi Indomie Edisi Asian Games 2018 Satukan Tekad Indonesia). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05272.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Iklan yang efektif tidak hanya mencakup barang yang ditawarkan dan kandungan informatif saja, pesan dari iklan tersebut juga harus dapat menarik perhatian dari khalayak yang melihat iklan. Pesan dari sebuah iklan akan melekat pada pikiran konsumen dan konsumen bisa saja membeli produk yang diiklankan oleh iklan tersebut karena memiliki daya pikat yang efektif dari iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan teori representasi dengan metode analisis semiotik Peirce. Objek penelitian ini adalah iklan televisi Indomie Edisi Asian Games 2018 Satukan Tekad Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji makna dari representasi atlet Indonesia yang berasal dari iklan televisi Indomie Edisi Asian Games 2018 Satukan Tekad Indonesia. Iklan televisi Indomie edisi Asian Games 2018 memberi semangat kepada atlet yang akan berlaga di Asian Games 2018 dan merepresentasikan kisah inspiratif mereka sebelum menjadi atlet, sekaligus mengajak semua orang untuk mendukung atlet kebanggan Indonesia tersebut. Terdapat lima representasi atlet Indonesia dalam iklan tersebut. Pertama adalah atlet Indonesia didukung oleh keluarga dan masyarakat. Kedua adalah atlet Indonesia mempunyai tekad semangat yang kuat. Ketiga adalah atlet Indonesia berasal dari keluarga yang kurang mampu. Keempat adalah altet Indonesia dapat mempersatukan seluruh suporter Indonesia. Terakhir adalah atlet Indonesia dapat menjaga budaya tradisional Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Semiotika, Iklan
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Apr 2019 04:04
Last Modified: 10 Apr 2019 04:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18215

Actions (login required)

View Item View Item