PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus Jalan Gajah Mada – Kota Samarinda, Kalimantan Timur)

YULIANTO, ABBI ADAM (2019) PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus Jalan Gajah Mada – Kota Samarinda, Kalimantan Timur). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TS15304.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Jalan Gajah Mada Kota Samarinda merupakan ruas jalan yang terdapat di daerah aktivitas perdagangan yang sangat tinggi, di mana dijalan ini terdapat Pasar dan Pertokoan. Keterbatasan lahan parkir mengakibatkan parkir di badan jalan pada area tersebut, sehingga menghambat kelancaran lalu lintas pada ruas jalan tersebut. Dari permasalahan yang ada, penelitian pada ruas Jalan Gajah Mada Kota Samarinda untuk mengetahui pengaruh hambatan samping terhadap kinerja ruas jalan. Survei yang dilaksanakan selama 3 hari, Senin, 5 November 2018, Jum’at, 9 November 2018 dan Sabtu, 10 November 2018. Dengan pembagian waktu, jam sibuk pagi 08.00 – 10.00, jam sibuk siang 11.00 – 13.00, jam sibuk sore 15.00 – 17.00. Data yang diambil selama survei yaitu jumlah kendaraan ringan, berat dan sepeda motor yang melintas serta kecepatan tempuhnya. Mengamati hambatan samping yang terjadi seperti pejalan kaki, kendaraan parkir atau berhenti, kendaraan keluar masuk dari samping segmen jalan, dan kendaraan lambat. Dari hasil analisis dan pengamatan arah barat - timur, diperoleh Q sebesar 1173,25 smp/jam, total frekuensi hambatan samping sebesar 509 smp/jam. Kecepatan arus bebas (FV) 48,32 km/jam, kecepatan tempuh (V) sebesar 36 km/jam, kecepatan rata-rata kendaraan ringan menurut pengamatan sebesar 23,08 km/jam. Dari beberapa alternatif yang telah dianalisis menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997, solusi terbaik untuk ruas Jalan Gajah Mada Kota Samarinda adalah meniadakan parkir dipinggir jalan dan memaksimalkan penggunaan jembatan penyeberangan orang, sehingga diperoleh kapasitas (C) sebesar 2799,24 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,42 dan kecepatan tempuh (V) sebesar 48 km/jam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kinerja ruas jalan, kecepatan tempuh, volume lalu lintas, hambatan samping.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Apr 2019 06:40
Last Modified: 10 Apr 2019 06:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18245

Actions (login required)

View Item View Item