PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI

Yunita, Fensy (2019) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA21650.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan modal intelektual pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelititan ini menggunakan metode purposive sampling dan menggunakan data sekunder dari laporan porspektus yang terdapat di BEI dan wesite resmi perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berjumlah 43 perusahaan dan sampel yang memenuhi kriteria dalam penarikan sampel untuk penelitian ini berjumlah 37 Perusahaan Perbankan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah karakteristik perusahaan (konsentrasi kepemilikan, jenis auditor, leverage), variabel dependen dalam penelitian ini adalah pengungkapan modal intelektual yang diukur dengan content analysis (CA), dan variabel kontrol untuk melengkapi regresi dalam penelitian ini adalah profitabilitas yang diukur dengan return on assets (ROA). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dalah dengan menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Berganda, Uji-T, Uji-F, Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan Program Softwear SPSS (Statistic Package for the Social Sciens) 21.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsentrasi kepemilikan, leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan modal intelektual dan jenis auditor, profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan modal intelektual pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012 – 2016.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: modal intelektual, karakteristik perusahaan, pengungkapan sukarela, content analysis
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2019 03:16
Last Modified: 11 Apr 2019 03:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18266

Actions (login required)

View Item View Item