KRISSUSENO, KEVIN (2019) IMPLEMENTASI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI INSTAGRAM PADA EVENT HONDA DBL D.I. JOGJAKARTA TAHUN 2017. S1 thesis, UAJY.
Text
KOM05028.pdf Restricted to Repository staff only Download (88MB) |
Abstract
Penggunaan media sosial selain menjadi media hiburan juga menjadi media untuk mengkomunikasikan produk, jasa bahkan pagelaran acara/event. Instagram sebagai salah satu media sosial, banyak digunakan oleh berbagai macam pihak untuk mempromosikan event tak terkecuali oleh akun @dbljogja yang mempromosikan event Honda DBL D.I. Jogjakarta 2017. Walaupun Instagram terkesan sederhana dalam penggunaannya, namun untuk mengkomunikasikan berbagai macam informasi mengenai rangkaian acara harus sangat memperhatikan berbagai macam faktor. Penelitian ini berupaya menjawab bagaimana penerapan komunikasi pemasaran melalui media sosial Instagram yang digunakan untuk mempromosikan event tersebut Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam terhadap 3 narasumber utama yang berkecimpung langsung di dalam Honda DBL D.I Jogjakarta 2017 dan 2 narasumber anak SMA yang mengetahui kompetisi tersebut. Data lain yang digunakan di dalam penelitian ini adalah foto, dokumen serta Instagram Insight sebagai data pendukung dalam penelitian ini. Komunikasi pemasaran melalui Instagram @dbljogja memiliki tujuan komunikasi untuk membentuk positioning “Basket itu ya DBL”. Tujuan pemasaran Honda DBL D.I Jogjakarta tahun 2017 adalah meningkatkan penjualan tiket dan partisipan dari Honda DBL D.I Jogjakarta tahun 2017. Hasil penelitian ini menunjukkan jika Honda DBL D.I Jogjakarta 2017 menerapkan unsur-unsur di dalam social media marketing yang terdiri dari social media maintenance, social media endorsment dan social media activation yang dirancang bersama antara divisi acara dan media serta dilaksanakan oleh tim divisi media. Komunikasi pemasaran yang dilakukan Honda DBL D.I Jogjakarta tahun 2017 Social media marketing diterapkan untuk mengkomunikasikan rangkaian acara dari DBL Jogja 2017 seperti, roadshow, dance, sparring, lomba suporter, kampanye tagar Season of Reason, countdown, openning, final dan hasil pertandingan basket. Jumlah tiket yang terjual pada tahun 2017 meningkat dari angka 50.000 tiket menjadi 70.000 tiket terjual dan followers Instagram yang mencapai 25.000 akun yang telah mengikuti akun instagram @dbljogja .
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | social media marketing, media sosial, Instagram, event, Honda DBL D.I.Jogjakarta |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 05:54 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 05:54 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18293 |
Actions (login required)
View Item |