MANAJEMEN ISU HUMAS UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif Manajemen Isu Jatuhnya Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta di Gunung Merapi)

Oktavia, Intan (2019) MANAJEMEN ISU HUMAS UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif Manajemen Isu Jatuhnya Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta di Gunung Merapi). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05245.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Isu memiliki potensi yang dapat berdampak pada organisasi dan publiknya. Kemunculan isu terkait suatu organisasi atau perusahaan perlu ditangani untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, yang jika berlanjut akan memiliki dampak signifikan pada fungsi atau aktivitas perusahaan serta pada kepentingan masa depan perusahaan. Fungsi manajemen perlu dijalankan dalam menangani isu yang ada. Pada bulan Mei 2015, mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta melakukan pendakian dan mengalami kecelakaan di Gunung Merapi. Isu jatuhnya mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta menimbulkan kesalahpahaman, yang jika tidak ditangani dapat berdampak fungsi atau aktivitas perusahaan. Universitas Atma Jaya Yogyakarta memiliki manajemen isu yang dilakukan dalam menanggapi isu tersebut. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui manajemen isu yang dilakukan pada isu jatuhnya mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta di Gunung Merapi. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini ialah konsep isu dan manajemen isu. Penulis mengumpulkan data dengan melakukan wawancara dengan wakil rektor tiga, humas, dan ketua UKM Palawa 2015. Melalui hasil wawancara, penulis memaparkan temuan data dan melakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Universitas Atma Jaya Yogyakarta melakukan hampir keseluruhan langkah dalam manajemen isu. Langkah yang tidak dilakukan oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta adalah analisis situasi sebelum merancang kegiatan-kegiatan penanganan isu. Analisis situasi merupakan salah satu langkah penting untuk menentukan aksi dan komunikasi penanganan isu agar sejalan dengan tujuan perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Isu, Manajemen Isu, Organisasi
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2019 06:00
Last Modified: 11 Apr 2019 06:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18296

Actions (login required)

View Item View Item