PENGARUH TINGKAT KETERTARIKAN PADA TAMPILAN (EXPOSURE) VIDEO AD COMMERCIAL DI OFFICIAL ACCOUNT INSTAGRAM SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KHALAYAK. (Penelitian Studi Eksplanatif Kuantitatif Terhadap Iklan Video “Flash Sale” Pada Official Account Instagram Shopee)

INDRIYANI, DIANA (2019) PENGARUH TINGKAT KETERTARIKAN PADA TAMPILAN (EXPOSURE) VIDEO AD COMMERCIAL DI OFFICIAL ACCOUNT INSTAGRAM SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KHALAYAK. (Penelitian Studi Eksplanatif Kuantitatif Terhadap Iklan Video “Flash Sale” Pada Official Account Instagram Shopee). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05421.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Promosi merupakan suatu kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk mempengaruhi konsumen agar bersedia untuk membeli produk yang ditawarkan. Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat proses promosinya semakin berkembang. Untuk mendukung bentuk promosi yang ada, iklan yang dibuat harus memiliki daya tarik lebih untuk mendukung strategi pemasaran sebuah perusahaan. Daya tarik iklan dari suatu iklan adalah seberapa besar iklan mampu memukau atau menarik perhatian dari pemirsanya. Penelitian ini ingin melihat apakah ada suatu pengaruh antara daya tarik iklan video terhadap keputusan pembelian. Penggunaan daya tarik humor (komedi) dalam iklan “Flash Sale” sangat efektif karena mampu menciptakan kesadaran merek untuk khalayak. Selain itu, iklan juga didukung oleh unsur persuasi yang mudah diterima dan mengandung unsur ajakan dengan cara memaksa/ terbatas. Variabel dari daya tarik iklan video ini juga ingin melihat pengaruhnya terhadap keputusan pembelian di dalam diri seseorang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan kuesioner sebagai data primernya. Subjek penelitian ini adalah Shopee, dengan menekankan iklan video “Flash Sale”sebagai objek utama. Penelitian ini mengambil populasi sebanyak 1.337 orang dengan jumlah responden yang diambil sebagai sampel sebanyak 100 orang. Berdasarkan olah data yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS 24 dan Microsoft Excel 2007, terdapat pengaruh antara daya tarik iklan video “Flash Sale” (X) terhadap keputusan pembelian (Y). Hal ini membuktikan bahwa daya tarik iklan video memiliki kontribusi pengaruh terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: daya tarik iklan; keputusan pembelian; online advertising; instagram advertising; social media advertising.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Apr 2019 01:15
Last Modified: 12 Apr 2019 01:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18301

Actions (login required)

View Item View Item