MOTIVASI JURNALIS BEKERJA DI MEDIA BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP (Studi Deskriptif Kualitatif Motivasi Jurnalis Bekerja di Mongabay.co.id)

YOSEPHINE, CLAUDYA OLIVIANI (2019) MOTIVASI JURNALIS BEKERJA DI MEDIA BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP (Studi Deskriptif Kualitatif Motivasi Jurnalis Bekerja di Mongabay.co.id). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04634.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Seseorang melakukan pekerjaan pasti berdasarkan dorongan motivasi. Entah dorongan motivasi untuk memenuhi kebutuhan atau motivasi lainnya. Tentu saja motivasi kerja antara jurnalis yang satu dengan jurnalis lainnya juga berbeda. Misalnya saja motivasi jurnalis media mainstream dengan motivasi jurnalis media lingkungan hidup. Mungkin selama ini kita berpikiran bahwa alasan utama seseorang bekerja adalah untuk mendapatkan uang. Namun dari hasil penelitian ini, ternyata ada orang yang tidak menjadikan uang sebagai alasan utama ketika mendaftar kerja. Mereka adalah jurnalis di Mongabay.co.id. Penelitian ini meneliti tentang motivasi jurnalis yang bekerja di media berbasis lingkungan hidup, yaitu media online Mongabay Indonesia atau www.mongabay.co.id dengan mengambil empat orang jurnalis sebagai subjek penelitian. Dari hasil penelitian didapati bahwa motivasi utama jurnalis bekerja di media yang berbasis lingkungan hidup dikarenakan alasan personal dari masingmasing jurnalis dan juga alasan untuk melakukan advokasi. Mereka bekerja di Mongabay karena sebelumnya mereka telah menyukai alam dan lingkungan. Sehingga ketika ada media yang pemberitaannya benar-benar terfokus kepada isu lingkungan, mereka tertarik untuk bergabung. Begitu juga dengan alasan untuk melakukan advokasi. Jurnalis memiliki tujuan mulia untuk membantu korban serta lingkungan hidup dalam memperjuangkan keadilan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Jurnalis, Lingkungan Hidup, Media Online
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Apr 2019 01:54
Last Modified: 12 Apr 2019 01:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18308

Actions (login required)

View Item View Item