PENGARUH BULAN RAMADAN TERHADAP INDEKS JII (JAKARTA ISLAMIC INDEX)

Ziliwu, Victor (2019) PENGARUH BULAN RAMADAN TERHADAP INDEKS JII (JAKARTA ISLAMIC INDEX). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EM21548.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya Ramadhan Effect pada indeks JII (Jakarta Islamic Index) tahun 2009 hingga 2017. Penelitian ini merupakan penelitian event study yang menguji reaksi pasar pada suatu peristiwa (Ramadhan Effect). Penelitian ini menggunakan data sekunder dari harga penutupan harian indeks JII. Sampel yang digunakan sebanyak 179 hari yang tergolong dalam satu bulan sebelum Ramadan, dan 179 hari yang tergolong dalam Ramadan selama periode penelitian. Metode yang digunakan adalah uji beda paired t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan antara return bulan Ramadan maupun return satu bulan sebelum Ramadan berlangsung tidak terdapat perbedaan atau dengan kata lain tidak terdapat Ramadhan Effect pada indeks JII (Jakarta Islamic Index) tahun 2009 hingga 2017.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ramdhan Effect, Jakarta Islamic Index, Uji statistik t-test, Event study.
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Apr 2019 03:32
Last Modified: 12 Apr 2019 03:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18317

Actions (login required)

View Item View Item