PUSAT AGROWISATA DI TABANAN BALI YANG REKREATIF MELALUI PENGOLAHAN TATA RUANG DALAM DAN TATA RUANG LUAR DENGAN PENDEKATAN SUSTAINABLE

Fitriani, Yunita (2019) PUSAT AGROWISATA DI TABANAN BALI YANG REKREATIF MELALUI PENGOLAHAN TATA RUANG DALAM DAN TATA RUANG LUAR DENGAN PENDEKATAN SUSTAINABLE. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA15702.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam melimpah yang dapat di pamerkan. Sebuah potensi pariwisata yang dapat terus diolah untuk menarik pengunjung para wisatawan. Potensi wisata dapat banyak kita temui di Pulau Bali, salah satunya di daerah Kabupaten Tabanan. Terletak 35 km di sebelah Barat kota Denpasar, dengan luas 389,33 km2 dan 26,88% dari luas wilayah yang ada, Kabupaten Tabanan merupakan lahan persawahan yang belum di kembangkan sebagai obyek wisata sedangkan sisanya merupakan lahan kering berupa tegal, kebun, dan hutan negara. Menurut data statistik Dinas Pariwisata Pemerintah Bali,Kabupaten Tabanan memiliki potensi dari segi pariwisatanya dikarenakan memiliki jumlah kenaikan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun, baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara. Berangkat dari meningkatnya jumlah wisatawan yang terus meningkat setiap tahunnya, Kabupaten Tabanan sendiri memiliki potensi keindahan alam, seni dan budayanya yang dapat terus diolah agar dapat menjaga eksistensinya di bidang pariwisata. Maka diharapkan sebuah Pusat Agrowisata dapat menjadi wadah bukan hanya sekedar tempat hiburan semata, namun juga dapat menjadi sarana rekreasi berupa edukasi kepada para pengunjung wisatawan. Dari potensi-potensi tersebut yang ada di Kabupaten Tabanan, maka diharapkan dapat memberikan edukasi serta hiburan bersama keluarga atau teman maupun kerabat tentang dunia agrowisata. Rekreatif merupakan sebuah cetusan terhadap tempat wisata agar idealnya masyarakat dapat belajar dari tempat wisata yang dikunjungi. Hal itu akan tercapai dengan melakukan sebuah penataan kawasan yang estetis dan terstruktur agar mampu menarik pengunjung untuk datang ke tempat wisata tersebut. Melalui pengolahan lanskap, kita dapat megolah topografi, flora, pemandangan alam, serta aksebilitas yang mudah. Pengolahan tersebut dibuat berdasarkan hasil analisis, kesesuaian potensi lahan, potensi obyek dan potensi atraksi wisata alam yang dilengkapi dengan sistem sustainable. Sustainable ini di rasa cocok untuk keadaan alam yang ada di Tabanan. Diwujudkan dengan tidak menggunakan sumber daya terbarukan, meminimalisir dampak terhadap lingkungan dan berupaya menyatukan manusai dengan alam. Perancangan sustainable adalah perancangan yang “berkelanjutan” yang mengolah perancangan obyek fisik dan lingkungan sesuai prinsip ekonomi, sosial, dan lingkungan yang berkelanjutan. Maka dibutuhkan sebuah rancangan Pusat Agrowisata di Tabanan Bali yang rekreatif melalui pengolahan tata ruang dalam dan tata ruang luar dengan pendekatan sustainable.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Pusat Agrowisata, Rekreatif, Penataan Kawasan, Sustainable
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Apr 2019 04:25
Last Modified: 12 Apr 2019 04:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18329

Actions (login required)

View Item View Item