ANALISIS KONTRIBUSI, EFEKTIVITAS DAN POTENSI RETRIBUSI IZIN POTONG HEWAN PADA UPACARA ADAT TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN TORAJA UTARA

Pongtengko, Brayen Cahya Pandin (2019) ANALISIS KONTRIBUSI, EFEKTIVITAS DAN POTENSI RETRIBUSI IZIN POTONG HEWAN PADA UPACARA ADAT TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN TORAJA UTARA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA20784.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kontribusi, efektivitas dan potensi Retribusi Izin Potong Hewan pada upacara adat terhadap pendapatan asli daerah Kabupaten Toraja Utara. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan kepustakaan. Data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui survey lapangan, sedangkan data sekunder bersumber dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Toraja Utara. Hasil penelitian menunjukkan kontribusi retribusi izin potong hewan terhadap pendapatan asli daerah dari tahun 2013 – 2017 mengalami fluktuasi. Jumlah kontribusi tertinggi pada tahun 2013 yakni sebesar 18,64% dan terendah pada tahun 2015 yakni 10,79%. Dari hasil penghitungan efektivitas menunjukkan tingkat efektivitas penerimaan retribusi izin potong hewan berada di kriteria cukup efektif dengan rata-rata 88,92%. Berdsarkan hasil perbandingan data yang diperoleh dari BPKAD dan data yang diperoleh di lapangan menunjukkan potensi retribusi izin potong hewan belum tercapai secara optimal ditunjukkan dengan adanya selisih sebesar Rp. 24.100.000 atau sebesar 14% pada Kecamatan Sopai tahun 2017.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, Efektivitas, Potensi, Retribusi Iizin Potong Hewan Pendapatan Asli Daerah
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Apr 2019 05:57
Last Modified: 15 Apr 2019 05:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18359

Actions (login required)

View Item View Item