PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, AFILIASI KAP, DAN SPESIALISASI INDUSTRI AUDITOR TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA SELURUH PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2014-2016)

Sari, Orseola Wahyuning (2019) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, AFILIASI KAP, DAN SPESIALISASI INDUSTRI AUDITOR TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA SELURUH PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2014-2016). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA21441.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris mengenai pengaruh ukuran perusahaan, afiliasi KAP, dan spesialisasi industri auditor terhadap manajemen laba. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Ukuran Perusahaan, Afiliasi KAP dan Spesialisasi Industri Auditor. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Manajemen Laba. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah metode purposive sampling. Sampel terseleksi sebanyak 230 perusahaan dengan total 690 sampel data selama periode pengamatan 2014-2016. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Dokumentasi merupakan proses perolehan dokumen dengan mengumpulkan dan mempelajari dokumen-dokumen dan data-data yang diperlukan. Dokumen yang dimaksud dalam penelitian ini adalah laporan keuangan yang tersedia di Indonesian Capital Market Directory (ICMD) dan data yang tersedia di Sistem Informasi Akuntan Publik di Indonesia (SIKAP ). Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan bantuan komputer program IBMSPSS 23 for Windows yang terdiri dari tiga bagian, bagian pertama adalah analisis statistikdeskriptif. Bagian kedua adalah uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas. Bagian keempat adalah analisis r egresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan afiliasi KAP berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba memiliki pengaruh terhadap dalam manajemen laba. Spesialisasi industri auditor tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan, Afiliasi KAP, Spesialisasi IndustriAuditor dan Manajemen Laba. xiii
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Apr 2019 07:09
Last Modified: 15 Apr 2019 07:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18373

Actions (login required)

View Item View Item